Tips Sederhana Mengolah Jamur agar Terasa Lebih Lezat


Mutiara Safitri 2017-02-24 15:48:57 Tips 261 kali

Tips Mengolah Jamur (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,- Mengolah jamur ternyata tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, agar cita rasanya yang khast tidak hilang selama proses pengolahan berlangsung.

Berikut beberapa tips mengolah beberapa varian jamur yang bisa Anda coba di dapur rumah.

Siapkan jamur dengan benar

Untuk membuat hidangan yang lezat dan menggugah selera, Anda memerlukan jamur yang bersih dan kering. Namun demikian, jamur tidak boleh dicuci atau pun di rendam. Hal ini disebabkan karena permukaan jamur dapat menyerap air sehingga warnanya tidak akan berubah menjadi cokelat saat dimasak. Merendam jamur juga dapat mengurangi rasanya yang halus. Cara terbaik membersihkan jamur adalah dengan menggunakan lap lembap, tisu dapur, atau menggunakan sikat jamur khusus.

Masaklah jamur secara sederhana

Seperti jenis sayuran pada umumnya, jamur memiliki rasa yang unik jika ditambahkan bumbu-bumbu sederhana seperti mentega atau minyak zaitun. Memasaknya terlalu lama justru akan menghilangkan rasa yang khas dan kandungan nutrisinya. Jika bingung menentukan teknik pengolahan yang tepat, berikut beberapa trik sederhana:

1. Anda bisa memanggang jamur pada suhu 204 derajat Celcius untuk mengeluarkan rasa manis alaminya.

2. Lapisi jamur dengan tepung roti seperti membuat ayam goreng. Setelah itu, goreng dalam minyak panas. Gunakanlah minyak berkualitas karena jamur mudah menyerap lemak.

3. Tips selanjutnya adalah menumis jamur dengan kecap asin dan minyak atau mentega hingga kecokelatan. Cara ini merupakan yang paling umum dilakukan karena praktis dan tidak membutuhkan waktu lama.

Masaklah jamur bersama telur

Telur dan jamur merupakan kombinasi yang pas karena dapat menciptakan rasa lezat dan khas. Tak heran jika banyak yang mengolah jamur dengan menambahkan telur segar. Salah satu resep sederhana yang bisa Anda coba adalah omelet atau orak-arik jamur. Yang perlu Anda lakukan hanya mencampurkan jamur dengan telur, dan irisan bawang putih. Voila!

Jamur sebagai hidangan pembuka

Beberapa varian jamur ternyata juga bisa diolah menjadi hidangan pembuka di acara-acara besar seperti pesta pernikahan dan masih banyak lagi. Umumnya, para chef menggunakan jamur merang dengan cara mengisi bagian kepalanya dengan tepung roti, telur, bawang bombai tumis, rempah-rempah, dan keju. Setelah itu, jamur akan dipanggang di dalam oven pada suhu 204 derajat Celcius. Setelah warnanya berubah kecoklatan dan keemasan, angkat lalu sajikan selagi hangat.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close