Udara Dingin Menusuk Tulang? Seruput Dulu 5 Wedang Tradisional Ini


Mutiara Safitri 2017-02-23 16:53:36 Olahraga 222 kali

Wedang Ronde (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,- Cuaca dingin tidak bisa diusir kecuali dengan hangatnya sinar matahari tapi bisa sedikit ditanggulangi dengan menyeruput minuman hangat. Wedang jadi satu jenis minumna yang kerap diandalkan untuk membuat hangat.

Wedang berasal dari bahasa Jawa yang mengandung arti minuman panas. Ya, wedang bisa menghangatkan tubuh. Selain suhu minuman yang memang hangat, kandungan dari wedang juga bisa menghangatkan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (23/2/2017) berikut lima wedang tradisional yang siap hangatkan tubuh.

Wedang jahe

Wedang jahe adalah yang paling populer karena cairan hasil rebusan jahe ini adalah dasar dari jenis wedang lainnya. Wedang jahe dipercaya berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bahan pembuatnya sederhana yakni jahe, kayu manis, cengkeh, gula aren dan yang pasti air. Semua bahan direbus hingga mendidih dan disajikan saat hangat.

Wedang ronde

Jenis wedang yang satu ini bisa dibilang minuman sekaligus camilan karena air jahe disajikan dengan ronde. Bola-bola beras ketan dengan isian kacang tanah cincang dan gula ini banyak disukai orang karena teksturnya yang kenyal. Selain ronde, berbagai bahan lain juga kerap menjadi pelengkap wedang ronde. Sebut saja kolang-kaling, potongan roti dan biji mutiara.

Wedang secang

Kayu secang yang berwarna merah bisa jadi bahan tambahan pada air rebusan wedang. Masyarakat betawi kerap menyebut wedang secang ini dengan sebutan bir pletok, tapi di Jawa dikenal dengan sebutan wedang secang. Selain bisa menghangatkan, berbagai manfaat bisa didapat saat minum wedang secang. Selain bagus untuk stamina, wedang secang juga bisa mengobati kembung, masuk angin, mengobati flu, memperlancar aliran darah, bahkan menurunkan tekanan darah.

Wedang uwuh

Dalam bahasa Jawa, uwuh memiliki arti sampah. Tapi bukan berarti terbuat dari sampah melainkan wedang ini terlihat seperti tumpukan sampah. Bagaimana tidak, berbagai isian wedang dijadikan satu kemudian diseduh tanpa disaring. Campuran rempah dalam gelas ini yang membuat wedang terlihat seperti tumpukan sampah. Dalam segelas wedang uwuh berisi campuran daun pala, sereh, cengkih, kayu secang, jahe kering dan lain sebagainya.

Wedang tahu

Beberapa orang menyebut wedang tahu. Ini adalah sajian olahan kacang kedelai yang menghasilkan bahan makanan lembut bertekstur seperti bubur sumsum. Olahan kacang kedelai ini kemudian disajikan dengan siraman air jahe hangat dan gula aren. Untuk membuat hidangan ini lebih beraroma, lembaran daun panadan juga kerap dijadikan bahan campuran rebusan gula. Tekstur dan rasa olahan kedelai yang mirip tahu ini membuat orang mengenalnya dengan sebutan wedang tahu. Makanan ini adalah jajanan tradisional masyarakat Betawi.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close