Tingkatkan Gerakan Membaca, Ratusan Perpustakaan Akan Dibangun


Lia Cikita 2017-02-23 15:49:14 Pendidikan 203 kali

Ilustrasi Perpustakaan (Foto : Istimewa)

Bengkulu, Kabar28.com, - Untuk meningkatkan gemar membaca, sebanyak 164 perpustakaan akan di bangun di 11 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu. Salah satunya di kawasan Lapangan Merdeka Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Kota Manna dengan empat lantai.

Bupati Bengkulu Selatan, Dirwan Mahmud, mengatakan rencana pembangunan itu akan dilakukan pada tahun ini dengan menggunakan anggaran APBD.

“Secara bertahap kita akan membangun perpustakaan di setiap desa/kelurahan dan kecamatan di sini,” kata Dirwan, Kamis (23/2/2017).

Saat ini, lanjut dia, tingkat kunjungan perpustakaan di Bengkulu Selatan mengalami peningkatan hingga 750 persen. Di mana data kunjungan sebelumnya hanya 10 hingga 20 orang per hari. Saat ini kunjungan ke perpustakaan sudah mencapai 300 orang per hari.

''Minta membaca saat ini sudah sangat tinggi, maka dari itu kita ingin hal tersebut didukung dengan pembangunan perpustakaan di setiap desa/kelurahan,'' jelasnya.

Pembangunan tersebut, sambung dia, tentunya didukung berbagai fasilitas pendukung serta berbagai judul buku pengetahuan dan buku pelajaran. Dari jenjang pendidikan PAUD/TK, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan perguruan tinggi.

''Di perpustakaan itu akan dilengkapi dengan fasilitas lengkap, dan dibuat unit agar pengunjung betah. Yang jelas, dengan gerakan ini masyarakat akan menjadi cerdas dan pintar dengan segala ilmu yang ada di dalam buku,'' tuturnya.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close