Begini Caranya agar Anak Enggak Gampang Sakit saat Musim Hujan


Mutiara Safitri 2017-02-22 18:02:45 Tips 200 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Kabar28.com,- Moms pernah terkejut melihat anak tiba-tiba pulang dalam keadaan basah kuyup karena kehujanan? Di musim hujan ini, ada berbagai penyakit menular yang rentan menyerang siapa saja, termasuk si kecil.

Tidak perlu terlalu cemas, Moms hanya perlu tanggap merawat si kecil. Maka dari itu, simak tips agar anak tidak mudah sakit selama musim hujan.

Menjaga kebersihan

Jangan sepelekan soal kebersihan. Menjaga rumah agar tetap bersih dapat mencegah penyakit di musim hujan. Anda perlu membersihkan cipratan air hujan di garasi atau pintu rumah. Bila si kecil basah kuyup, segera rendam pakaiannya. Ingatkan ia untuk mandi menggunakan sabun yang mengandung antiseptik.

Makanan sehat

Makanan diproses dalam sistem pencernaan lebih lambat selama musim hujan. Berikan pengertian pada anak untuk tidak jajan sembarangan selama musim hujan untuk menghindari tifus.

Bawakan si kecil bekal makanan dengan hidangan sehat yang mengandung serat, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Ingat Moms perlu memasak makanan hingga matang dan hindari makanan yang setengah matang.

Jangan biarkan anak menggigit kuku

Bila si kecil punya kebiasaan menggigit kuku, coba ingatkan kembali bahayanya. Kotoran yang tersimpan di dalam kuku akan masuk ke perut. Apalagi di musim hujan ini ada saja kotoran yang menempel pada jari-jarinya. Menggigit kuku, bisa saja membuat si kecil sakit perut.

Hindari gigitan nyamuk

Di mana saja nyamuk demam berdarah bisa menyerang selama ada genangan air. Nah, untuk menghindari gigitan nyamuk DBD, oleskan losion antinyamuk. jangan lupa menutup jendela dan menggunakan kelambu tertutup ketika ia tidur di malam hari.

Sumber : okezone.com 

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close