Laksanakan Unas, Siswa SLB Dibimbing Guru


Lia Cikita 2017-02-20 09:15:00 Pendidikan 155 kali

Ilustrasi Ujian Nasional (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com, - Siswa SLB bakal mengikuti ujian nasional (unas) tahun ini. Dinas Pendidikan (Dispendik) DKI bakal memfasilitasi kelengkapan ujian tersebut. Siswa SLB C tidak diwajibkan ikut karena mengalami keterbatasan. Dalam tumbuh kembangnya, siswa tersebut mengalami hambatan fungsi kecerdasan intelektual.

Wakil Kepala Dispendik DKI Jakarta Bowo Irianto menjelaskan, pihaknya memfasilitasi unas bagi siswa inklusif seperti tahun lalu. "Mereka tidak menjalani ujian nasional berbasis komputer (UNBK), tapi menggunakan pensil dan kertas," katanya. Senin (20/2/2017).

Menurut dia, siswa SLB C yang hendak menjalani unas sebaiknya mendaftar ke sekolah lebih dulu. Soal-soal serupa dengan yang dikerjakan siswa di sekolah reguler. Namun, nantinya mendapat tambahan waktu selama ujian, yaitu sekitar 30 menit.

Bowo menambahkan, siswa SLB C yang mengikuti unas juga akan mendapat pendampingan khusus. Tujuannya, membantu siswa yang sulit memahami soal-soal ujian. Siswa SLB C yang tidak mengikuti unas tidak masalah. Di sekolah akan tetap menjalani ujian sekolah seperti siswa lain.

Sementara itu, Kepala SLBN 3 Jakarta Sentono menjelaskan, siswa SLB C di sekolahnya tidak mengikuti unas seperti siswa lain. Sebab, kemampuan berpikirnya berbeda-beda. Di SLBN 3 Jakarta, kelas IX dan XII diisi siswa berkebutuhan khusus tunagrahita saja. "Jadi, tidak ada yang berkebutuhan khusus lainnya," ujar Sentono.

Nah, di kelas IX SMP di SLB tersebut, terdapat sembilan siswa tunagrahita. Sementara itu, untuk tingkat SMA di kelas XII, ada 13 siswa tunagrahita. Meski tidak menjalani unas, siswa tunagrahita tetap mengikuti ujian sekolah. Soal-soal yang diberikan kepada siswa tersebut bergantung pada kemampuan berpikir siswa. ’’Siswa tunagrahita memiliki keterbatasan IQ. Biasanya, rata-rata di bawah 70,’’ ucapnya.

Sumber : okezone.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close