4 Cara Atasi Siku Hitam


C.A. Mouliyane 2016-11-18 10:48:15 Tips 411 kali

4 Cara Atasi Siku Hitam

Tangan yang sehat dan berkulit bersih adalah impian semua cewek. Tapi, bete deh, saat siku tangan berwarna lebih gelap dibandingkan bagian tangan lain. Bagaimana mengatasinya?
 
Siku memiliki lapisan kulit yang lebih tebal dibandingkan lapisan kulit lainnya. Dengan kata lain, bagian tubuh ini memiliki kandungan pigmen kulit (melanin) lebih banyak dari bagian tubuh lainnya. Hal itu yang menyebabkan gelapnya warna kulit siku kita. Siku juga memiliki kelenjar minyak lebih sedikit daripada bagian kulit lainnya, hal ini bikin kulit siku menjadi kering.
 
Ditambah lagi, siku kering kita sering terkena paparan sinar matahari. Soalnya, bagian siku lebih mudah menjadi hitam karena sinar matahari dibandingkan bagian tubuh lain. Selain itu, siku merupakan bagian yang sering mendapatkan tekanan lebih, misalnya saat kita bertopang dagu. Hal ini bikin kulit siku membentuk ‘pertahanan diri’ yang kita kenal dengan kapalan.
 
Nah, empat cara mengatasi siku hitam adalah:

  1. Rendam siku dalam air hangat yang diberi tetesan minyak zaitun. Saat kulit siku menjadi lebih lembut, gunakan batu apung atau spons khusus untuk menggosok dan menyingkirkan kapalan pada siku. Hati-hati saat menggosok, karena bagian tersebut sebenarnya rapuh dan mudah terluka.
  2. Gunakan scrub untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel pada siku.
  3. Gosok siku dengan air jeruk nipis, karena jeruk nipis bisa menjadi pemutih dan pelembap alami. Oleskan pada siku dan biarkan 30 menit, lalu bilas.
  4. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya di sekitar siku untuk melindungi dari paparan sinar matahari.

Sumber: gadis.co.id

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close