Hai Orang Tua, Ini Tips Agar Anak Tak Terlambat Bicara


Mutiara Safitri 2017-02-11 15:17:58 Tips 295 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com,-  Saat anak memasuki usia 18 bulan, umumnya ia sudah bisa bicara dengan kosakata yang lebih jelas. Nah, ketika anak justru belum bisa bicara dengan lebih jelas, apa yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua?

Menurut dokter anak dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, dr Meta Hanindita, SpA, anak berusia 20 bulan misalnya, setidaknya harus memiliki 20 kosakata dan 50 persen di antaranya dapat dimengerti orang lain.

"Untuk memastikan stimulasi bicara dapat dilakukan dengan baik, sering-sering mengajak anak berbicara dengan satu bahasa ya, yakni dengan bahasa ibu terlebih dahulu," tutur dr Meta.

Selain itu, hindari bicara dengan bahasa babytalk seperti 'mamam', 'cucu', atau kata-kata lain yang menirukan bahasa bayi. Jangan lupa untuk memperkenalkan kata-kata sederhana yang sering digunakan sehari-hari.

dr Meta menuturkan bahwa speech delay memang benar banyak terjadi karena kurang stimulasi. Meskipun beberapa jurnal juga pernah mengaitkan hubungan antara speech delay dengan faktor risiko genetik.

Namun penyebab dari speech delay harus ditemukan dulu, jika penyebabnya adalah karena memang anak memiliki gangguan pendengaran, maka stimulasi biasa yang seperti apapun anak akan tetap mengalami speech delay.

Senada dengan dr Meta, beberapa waktu lalu psikolog dari TigaGenerasi, Annelia Sari Sani, MPsi, juga menuturkan bahwa terlambat bicara memiliki banyak faktor penyebab. Namun kebanyakan di masyarakat saat ini speech delay atau terlambat bicara terjadi karena kurangnya stimulasi secara langsung.

Sumber : detik.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close