Sekda Sumsel Tandatangani MoU Pemanfaatan Aset dengan KAI


Arie Perdana Putra 2020-09-22 20:53:15 Palembang 30 kali

PALEMBANG, Kabar28.com,- Sekretaris Daerah Sumsel H. Nasrun Umar, menandatangani Nota Kesepahaman Pemanfaatan Aset dan Penanganan Permasalahan BMD Antara Pemerintah Daerah, PT. KAI dan Kejaksaan Tinggi Sumsel secara virtual dari Command Centre, Selasa (22/9/2020).

"Ini akan menjadi pijakan awal Pemprov bersama KPK agar permasalahan aset PT KAI tetap terjaga, namun pemanfaatnya dilaksanakan bersama. Harapannya ada simbiosis mutualisme jadi PTKAI tidak rugi dan Pemda dapat manfaat," ujar Nasrun.

Sekda menambahkan, persoalan aset PT KAI dengan masyarakat ini tidak hanya terjadi di Kota Prabumulih, Kota Lubuk Linggau, Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat tapi juga di Kabupaten OKU Timur.

Selama ini menurutnya persoalan aset menjadi berlarut lantaran Kepala Daerah terbentur UU Perkeretapian.

"Melalui komunikasi Gubernur Herman Deru, maka persoalan ini dapat diselesaikan tanpa harus mengganggu aset PT KAI. Sementara bagi Pemda aset ini dapat memberikan manfaat seperti menambah penerimaan daerah," ujar Sekda

Perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Asep Rahmat Suwandha melakukan mediasi terkait aset PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dengan lima kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Gubernur Sumsel ingin, dengan adanya mediasi yang dilakukan KPK dapat melahirkan solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.

"Persoalan seperti ini tak hanya terjadi di Sumsel, melainkan di seluruh Indonesia. Saya berharap melalui kerjasama ini, tidak ada salah satu pihak yang dirugikan. Bahkan keduanya harus mendapatkan keuntungan," ungkapnya. (ril)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close