52.495 Penerima PKH Terima Bansos dari Pemerintah Pusat


Arie Perdana Putra 2020-09-15 20:40:46 Palembang 26 kali

PALEMBANG, Kabar28.com,- Sekretaris Daerah (Sekda) kota Palembang mewakili dari pemerintah kota (Pemkot) Palembang yang didampingi Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) kota Palembang melaunching pembagian bantuan sosial beras Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia (RI) yang dipusatkan di aula kantor Camat Sukarame Palembang, Selasa (15/9/2020).

Camat Sukarame Palembang Muhammad Fadli mengatakan, bahwa hari ini Sekda kota Palembang  bersama jajaran dari pemkot Palembang dan dari bulog melakukan acara penyerahan simbolis dan launching beras PKH dari Kemensos RI tahun 2020.

"Dalam acara penyerahan simbolis ini dihadiri oleh seluruh kecamatan yang ada dikota Palembang dan juga kelurahan yang berada di kecamatan Sukarame Palembang ", ujarnya.

Kemudian, tadi juga dilakukan penyerahan simbolis sebanyak 5 orang yang diberikan tadi. Sedangkan tadi yang hadir diacara penyerahan tadi sebanyak 50 orang, dan itu akan diberikan secara menyebar, dan 50 Kepala Keluarga (KK) atau 50 paket itu dari beberapa kelurahan di kecamatan Sukarame.

Adapun paket tadi isinya adalah beras, dan lainnya. Dikecamatan kita ada 7 kelurahan. Dari output dari PKH posisi sebenarnya adalah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, ungkapnya.

Masih menurutnya, tambah saat ini kita sedang dilanda pandemi corona virus disease nineteen (covid-19) maka mereka tidak ada mata pencarian lagi, rezeki tidak ada, dengan adanya bantuan beras ini bisa memenuhi kebutuhan mereka, dan bisa bermanfaat bagi mereka.

Pemberian bantuan ini yakni masyarakat yang mengajukan ke Rukun Tetangga, setelah itu disampaikan ke kelurahan. Ketua RT sebenarnya adalah bagian mendata, dan merekalah yang tahu kondisi sebenarnya, katanya.

Lanjutnya, dari kecamatan Sukarame akan melakukan survey terlebih dahulu, kita lihat dahulu mata pencariannya seperti apa, barulah kita lihat kondisi rumahnya. Untuk total penerima secara keseluruhan ada 100 KK di kecamatan Sukarame.

Untuk penerima PKH lumayan banyaklah. Sebenarnya kami tidak ingin ada warga miskin, inginnya kaya semua, tapi itulah keadaan yang ada saat ini yakni ada yang miskin dan kaya. Untuk bantuan miskin baru (misbar) yakni dikelurahan Kebun Bunga, dan Kelurahan Sukajaya, dan disana penduduk disana paling banyak, bebernya.

Menurut Kadinsos Kota Palembang Heri Aprian, untuk penerima PKH ini selama 3 bulan, dimana dimulai dari bulan Agustus - Oktober 2020, setiap bulan penerima akan mendapatkan beras 15 Kilogram (kg). Penerima PKH secara keseluruhan sebanyak 52.495 dari data Kementerian. 
Sedangkan untuk jenis beras yakni medium dan itu diberikan selama 3 bulan, bulan ini mereka terima dua, dan satu kali lagi di bulan depan. Pemberian bantuan itu dari pemerintah, dan kita hanya monitoring, tegasnya.

Ditambahkannya, PKH sudah ada berjalan sebelum pandemi, sebelumnya sudah ada yakni bantuan untuk anak sekolah, dan lanjut usia. Hanya saja ini ada tambahan berasnya saja. Kita hanya monitoring, yang membagikannya ada Bulog, karena berasnya dari Bulog. Bagian membagikannya adalah transporternya DasDosniroha.

Dari Bulog dikirim kelurahan, nanti akan ada Pendamping PKH yang akan bagikan ke penerima keluarga pemanfaat. Kalaupun ada dikumpulkan dikelurahan tetap harus diatur mekanismenya, dan bagian kelurahan ataupun kecamatan hanya memonitoring, by name dan adress sudah ada dari pemerintah pusat untuk pendampingnya, dan itu merupakan bantuan seluruh Indonesia, pungkasnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close