Sengketa Lahan di Sumsel Dominasi Kasus di Komnas HAM


Arie Perdana Putra 2020-09-14 16:26:55 Palembang 46 kali

PALEMBANG, Kabar28.com,- Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru diwakili Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan & Kesra, Akhmad Najib mengikuti rakor  bersama Komisi Nasional Hak Asasi Manusia RI (Komnas HAM) dari Sumsel Command Center, Senin (14/9/2020).

Rapat mendiskusikan mengenai 14 kasus sengketa di Sumsel yang telah terdaftar di Komnas HAM RI, dengan tujuan menyelesaikan kasus sengketa tersebut secara mediasi dan menentukan kasus sengketa mana saja yang akan diselesaikan oleh Pemerintah Daerah maupun Komnas HAM sendiri.

Menurut gubernur, terkait 14 kasus sengketa di Sumsel kebanyakan kasus sengketa lahan antara warga dan perusahaan. Pemprov Sumsel telah menerima surat dari Komnas HAM dan telah mengambil langkah untuk meminta klarifikasi terhadap pihak - pihak terkait yang dilaporkan oleh pihak - pihak korban.

"Kami telah menindak lanjutinya dan untuk solusinya akan ditangani oleh pihak Pemprov ataupun Pemerintah kab/kota, Pemprov sendiri telah menyurati beberapa perusahaan dan pihak - pihak terkait untuk meminta klarifikasi dan data - data terkait dengan sengketa tersebut", ucapnya.

Harapannya dengan adanya mediasi ini dapat memberikan solusi yang tidak merugikan dari kedua belah pihak yang sedang bersengketa, baik warga dan perusahaan, warga dan Pemerintah, ataupun pegawai dan perusahaannya.

Pada kesempatan yang sama Ketua Komisioner Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik menyampaikan dari ke 14 kasus sengketa yang dilaporkan diantaranya adalah sengketa lahan, sengketa hak kepegawaian, sengketa ganti rugi dan sengketa lainnya.

"Pertemuan kali ini dengan tujuan untuk mendiskusikan berapa kasus yang kita miliki untuk menyepakati mengambil langkah mediasi, yang melibatkan pihak dan instansi terkait", tambahnya. (ril)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close