Belajar Daring jadi Trend di Masa Pandemi


Arie Perdana Putra 2020-08-29 21:09:07 Pendidikan 56 kali

PALEMBANG, Kabar28.com,- Belajar dan mengajar online melalui media daring saat ini sedang trend dimasa pandemi Covid-19, termasuk di Sumatera Selatan.

Rektor Universitas Palembang (Unpal) Zulkifli S Mukti mengatakan, belajar daring merupakan salah satu budaya baru, namun sebenarnya pembelajaran jarak jauh sudah ada sejak dulu, istilahnya adalah e_learning.

"Tapi, karena aturan-aturan dahulu sangat kaku, padahal sebenarnya kawan-kawan Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM) ujian komprehensif satu penguji di Jepang, satu penguji di Singapura, satu penguji di institusi atau di kampus bisa terlaksana, yang penting kualifikasi kualitas dari tamatan itu," katanya, Sabtu (29/8/2020).

Kemudian, aturan-aturan dahulu sangat mengikat akibatnya, ada benar cuma belum lihat arahnya yang disebut kementerian kemerdekaan dalam berkegiatan akademi.

"Kita biasanya memperketat, mengawasi, memberikan absensi, sekarang kita mesti mempercayakan kepada mahasiswa, kita hanya menyiapkan fasilitas, dalam arti menyiapkan zoom yang berbayar, atau classroom, yang penting mahasiswanya mau," ungkapnya. 

Masih menurutnya, untuk memunculkan kesadaran dan konsisten bagi para mahasiswa, cenderung tatap muka saling mempelajari karakter. Mahasiswa itu bukan hanya belajar saja, tapi ada belajar materi yang diberikan para dosen, dan mempelajari karakter si pengajar itu sendiri, dan ada dua ilmu yang didapat.

"Artinya ada positif pandemi covid-19, artinya kita mulai merasa perlu kedewasaan dalam meningkatkan kualifikasi pendidikan dan penuh kepercayaan, dan mempercayakan kepada para mahasiswa," bebernya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close