Tahun Depan Lulusan SMK Setara Diploma I


Arie Perdana Putra 2020-07-16 14:35:38 Pendidikan 251 kali

Kepala SMKN 1 Intan saat memberikan pengarahan kepada peserta didik baru

INDRALAYA, Kabar28.com,- Mulai tahun ajaran 2020-2021, peserta didik jurusan mekatronika di SMKN 1 Indralaya Selatan (Intan), mengikuti pembelajaran selama 4 tahun. 

Hal itu dikatakan Kepala SMKN 1 Intan, Jon Hery kepada ratusan peserta didik baru yang mengikuti Masa Pengenalan Long Sekolah (MPLS), kemarin.

"3 tahun di sekolah, 1 tahun magang di perguruan tinggi, dunia usaha, pabrik industri atau politeknik. Mulai tahun depan, seluruh program keahlian di SMK itu 4 tahun, dan lulusan SMK sudah setara Diploma I," katanya.

Selain itu, dijelaskannya, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19, setiap hari pihaknya menerapkan protokoler kesehatan di sekolah, yang dimulai sejak masa pendaftaran peserta didik baru beberapa waktu lalu.

"Sebelumnya kita melakukan penyemprotan disinfektan diseluruh kelas. Selain itu kita juga mewajibkan peserta didik dan dewan guru memakai masker, jaga jarak, mengecek suhu tubuh dan menyiapkannya tempat cuci tangan," ungkapnya.

Kepada para peserta didik baru yang mengikuti MPLS, Jon berpesan agar selalu mengikuti peraturan sekolah. Karena apabila melanggar, pihaknya tak segan-segan untuk memberikan hukuman.

"Para peserta didik dilarang rambut panjang, membawa dan merokok di lingkungan sekolah, dan datang ke sekolah harus tepat waktu. Bagi peserta didik yang menggunakan sepeda motor, harus memakai helm dan memarkirkan kendaraannya dengan rapi," tuturnya.

Dijelaskannya, SMK berbeda dengan SMA. Metode pembelajaran di SMK itu  60 persen praktek dan 40 persen teori. Jadi, lulusan SMK ini sudah mempunyai skill dan siap kerja.

"Karena setelah lulus, anak SMK ini memang dipersiapkan untuk bekerja, bukan untuk kuliah. Namun, bukan berarti anak SMK dilarang atau tidak bisa untuk kuliah," pungkasnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close