HD Tinjau Persiapan Kerjasama PT SMS dan PT MRI


Arie Perdana Putra 2020-04-08 00:53:56 Palembang 70 kali

PALEMBANG, Kabar28.com,- Meski di tengah wabah virus corona atau Covid-19, Gubernur Sumsel H. Herman Deru (HD) masih tetap memperhatikan aktivitas perekonomian di Sumsel.

Salah satunya dengan meninjau persiapan uji coba angkutan batu Blbara kerjasama Perusahaan Daerah BUMD PT SMS dan PT MRI sebagai investor di pelabuhan batubara kawasan Keramasan dan stasiun khusus kereta api pengangkutan batubara dengan didampingi Dirut BUMD PT SMS H.Sarimuda, Selasa (7/4/2020).

Menurut Gubernur HD, peninjauan ini dilakukan guna memastikan persiapan uji coba yang rencananya akan dilakukan sejak 6 April hingga 15 April 2020.

Gubernur sendiri juga melakukan pengetesan jalan khusus batubara yang akan digunakan dalam pengangkutan batubara sepanjang 8 kilometer yang menghubungkan dari stasiun bongkar simpang untuk diangkut dengan mobil pengangkut peti kemas melalui jalan khusus ini.

“Dari tambang diangkut ke stasiun peti kemas Simpang dengan menggunakan kereta api. Dari stasiun bongkar di simpang batu bara diangkut dengan truck melalui jalan khusus ke stockpile di pelabuhan dan selanjutnya dikirim melalui tongkang,” jelasnya.

Sejauh ini sambungnya, persiapannya sudah cukup baik. Untuk jalur jalan khususnya sudah cukup baik pula. “Namun saat ini tetap kita tingkatkan agar tidak ada kendala saat pengangkutan itu,” tuturnya.

Diketahui, dalam sehari kereta khusus batubara berjalan satu kali. Dimana dalam satu rangkaian berisi 120 kontainer batubara. “Satu Kontiner berisi 24 Ton batubara dan satu gerbong dua kontoner, Dalam satu rangkaian hampir 3000 ton batubara yang diangkut,” terangnya.

Sementara, menurut Dirut BUMD PT SMS H.Sarimuda mengatakan, bahwa kerjasama ini merupakan solusi dari dicabutnya Pergub Nomor 23/2013 tentang Tata Cara Pengangkutan Batu Bara di Jalanan Umum, selanjutnya dengan terbitnya Pergub 74/2018, Maka aturan terkait angkutan batubara melalui jalan khusus.

“Dengan kerjasama, kami merespons hal tersebut guna mencari solusi agar batu bara bisa diangkut dari Sumsel melalui jalan khusus ini. Kita harapkan bisa berdampak dengan meningkatkan perekonomian, kesejahteraan masyarakat dan meningkatnya income pendapatan Daerah. PT SMS menggandeng perusahaan nasional PT MRI guna mewujudkan tujuan tersebut,” tutur Sarimuda.

Di tempat yang sama, Dirut PT Mega Rizky Indonesia (MRI), Setiawan Ichlas mengatakan, bahwa beliau terpanggil untuk membangun daerah.

“Sebagai investor dan bekerjasama dengan BUMD PT SMS, PT MRI berinvestasi membangun Kontruksi jalan khusus batubara dan Pelabuhannya,” ucapnya.

Setiawan juga mengatakan pihak PT MRI akan menyiapkan 50 Truck Deck Hino, Rechstaker (RS) 3 Unit, Porklif, Container, Water truck dan alat penunjang lainnya.

“Peralatan tersebut sebagian sudah di lokasi pelabuhan dan lainnya segera menyusul sesuai waktu yang sdh disepakati dengan PT SMS dan mohon doanya agar berjalan lancar,” tutupnya. (red)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close