Proses Pergantian Rektor Unitas Sudah Berlangsung, Tinggal Tunggu Hasilnya


Arie Perdana Putra 2020-03-21 14:03:00 Palembang 64 kali

PALEMBANG, Kabar28.com - Universitas Taman Siswa (Unitas) Palembang dalam waktu dekat akan melakukan pergantian kepemimpinan (Rektor) ditahun 2020 ini, dikarenakan Rektor yang saat ini sudah memasuki masa 1 periode yakni 4 tahun, maka dilakukan calon penjaringan yang telah dilakukan beberapa waktu yang lalu di Unitas, demikian dikatakan oleh Rektor Unitas Ki Drs. Joko Siswanto, sabtu (21/3/2020).

Dikatakan Joko Siswanto, dalam waktu dekat akan diganti kepemimpinan, dan itu dan sesuai dengan 2019 berlangsung sangat baik, selama ini kalau terjadi pergantian selalu sedikit ada kekisruan, dan saya dahulu diminta untuk memimpin Rektor disini untuk meredamkan suasana pada waktu itu. Dahulu saya diminta 1 tahun untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Rektor, tapi dikendaki 1 periode yakni 4 tahun. Saya sudah bicara bahwa cukup 1 kali saja, untuk memperbaiki keadaan, dan saat ini sudah bagus. Cuma di keluarga Unitas menghendaki itu masih ada yang menghendaki saya, kami bisa mimpin tidak perlu dari Unsri, ujarnya. 

Kemudian, selama Rektor Unitas selalu pinjam dari Unsri, hanya yang pertama yang tidak. Zaman Rasyid dari Unsri, Sofian Hasan dari Unsri, dan saya sendiri dari Unsri, kepinginnya dari keluarga Unitas menghendaki supaya yang dari Unitas saja, tetapi ada yang kehendaki masih saya yang diinginkan. Untuk mengakomodir seperti itu saya menolak juga tidak enak, kalau di iya nanti disana bukan menginginkan bukan saya, tapi saya serahkan kepada semuanya apa yang bagusnya. "Saya tidak kepingin mengejar jabatan, mencari-cari jabatan itu tidak, tapi dikehendaki, saya siap, kalau kalian jatah saya itu hanya 1 periode", ungkapnya. 

Lanjutnya, akhirnya melalui proses penjaringan saya masuk disana. Waktu penjaringan itu semua yang memenuhi persyaratan yaitu kalau Doktor itu Asisten Ahli boleh ikut, tapi kalau Sarjana Strata Dua harus Rektor Kepala, Rektor Kepala itu dibawah Professor, dan saya masuk kategori tersebut. Ada 11 atau 12 yang memenuhi syarat, dipilih semua oleh Grase root dan Dosen tetap, dan minimal 5 tahun yang sudah bekerja di Unitas yang boleh milih baik Karyawan ataupun Dosen. Setelah dicek maka untuk pemilihnya ada 80 orang, tegasnya.

Ditambahkannya Maulana Elinas Sandra, totalnya ada 66 suara, dan 1 suara gugur tidak sesuai untuk pilihannya. Akhirnya terjalinlah 4 calon yang diusulkan disenat. Untuk jumlah senatnya 25 orang, tapi yang hadir ada 22 orang. Dari 22 itu menyebar suaranya, saya dapat 9 suara, Azwar Agus dapat 10, Maulana dapat 2 suara, dan Elinna Sandra dapat 1 suara. Dan semua ini akan diusulkan ke Majelis, untuk mendapat persetujuan, dan SK nya dari badan penyelenggara disini, dan saat ini masih proses menunggu. "siapa pun masih menunggu, tapi Majelis melihat hasil dari senat, semua wewenangnya ada disana". Saya sejak semula saya hanya 1 periode keinginan, dan memang dari bawah masih menghendaki saya itu dari mereka, bukan dari saya, pungkasnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close