Endang: Harus Ada Kolaborasi Dalam Elemen Pentahelix Pariwisata


Arie Perdana Putra 2020-02-01 12:50:20 Palembang 144 kali

Endang WW

PALEMBANG, Kabar28.com - Untuk menyelaraskan kompetensi mice dan sport tourism di Palembang, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) akan mengadakan Forum Group Discussion (FGD), Minggu (2/2/2020) besok.

Endang Wasiati Wierono, salah satu pengusaha di Palembang mengatakan, sebagai moderator dalam acara tersebut dirinya mengapresiasi apa yang digagas PHRI Sumbagsel.

"Pentahelix ini gabungan beberapa elemen yang memiliki visi dan arah yang sama untuk mewujudkan tujuan bersama, sesuai dengan bidangnya masing-masing. Saat ini telah dijalankan di seluruh Indonesia untuk membangkitkan dunia pariwisata bangsa kita," ungkapnya.

Lanjutnya, Pentahelix  pariwisata merupakan konsep dimana unsur Akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media dengan bekerjasama untuk mencapai peningkatan dan percepatan pembangunan di bidang pariwisata. Semua elemen Pentahelix ini memiliki peran dan andil yang equal dan penting. Tidak ada yang lebih penting, karena saling berkaitan dan saling bergantung.

"Pentahelix pariwisata di  Palembang sudah mulai dijalankan. Terbukti dari banyaknya organisasi, paguyuban, perkumpulan, yang berkolaborasi menjual pariwisata dan kekayaan budaya Palembang bahkan  Sumsel pada umumnya. Upaya menyelaraskan komponen Pentahelix lainnya dengan pemerintah caranya adalah dengan banyak menggelar forum diskusi, FGD dan membuat even bersama, bersama - sama dari berbagi sektor baik swasta maupun pemerintah," jelasnya.

Sumber anggaran dari masing - masing, dapat berupa CSR, urunan masing-masing, maupun dana APBN dan APBD kalau pemerintah yang lakukan.

"Dengan adanya pentahelix pariwisata ini, membangun dunia pariwisata lebih ringan karena dijalankan dengan gotong royong, dan bersama-sama, secara biaya pun juga lebih murah," pungkasnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close