Bangun Rumah Komunitas, 2020 Dinas Perkim Sumsel Kerjasama dengan Pemkot Palembang


Arie Perdana Putra 2020-01-14 14:17:07 Palembang 99 kali

PALEMBANG, Kabar28.com - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Sumsel bekerjasama dengan Forum CSR Kesos Sumsel, menyerahkan dokumen program rumah berbasis komunitas bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Palembang, kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Bank Tabungan Negara (BTN), di ruang rapat Dinas Permukim Sumsel, Selasa (14/1/2020).

Kadis Perkim Sumsel, Basyaruddin Ahmad mengatakan, hari ini pihaknya menerima berkas untuk rumah berbasis komunitas. 2020 pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Perkim Pemerintah Kota Palembang, mencoba membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah.

"Insya Allah akan dibangun di kawasan Gandus, dan akan dibangun 1000 rumah yang artinya akan ada 1000 kepala keluarga, terdiri dari berbagai komunitas dan ini merupakan sebagai pilot project di Indonesia dan semoga sukses," ujarnya.

Kemudian, pihaknya mempunyai program yang cukup bisa membantu masyarakat, yakni 'rumah Instan' yaitu kuat, aman, dan sehat.

"Rumah ini dibangun selama 10 hari. Dengan harga relatif terjangkau, kita juga bekerjasama dengan BUMN. Tenaga kerjanya outsourching, security, cleaning service di perusahaan untuk mengurangi backlock perumahan, dan menyukseskan program perumahan pemerintah," ungkapnya.

Ketua Forum CSR Sumsel, Rianthony menambahkan, ke depan pihaknya akan bekerjasama dengan perusahaan listrik, perusahaan air minum dan sebagainya untuk membantu pemerintah.

"Peran serta CSR sangat banyak seperti bantuan PAUD, masjid dan sentra bisnis. Setiap rumah akan ditanami pohon yang menghasilkan. Dari sektor peningkatan perekonomian kerakyatan, yang kita anggota keluarga kegiatan usaha kita akan minta bantuan dari BTN dan Pegadaian," ujarnya. 

Ditambahkannya, pihaknya juga akan memberikan pelatihan dan memberikan peralatan bagi masyarakat.

"Sehinggaa anggota keluarga bisa berusaha, sehingga mempermudah kepala keluarga berusaha agar bisa meringankan biaya cicilan rumah," pungkasnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close