Sumsel Provinsi Pertama Gagas One Agency One Innovation


Arie Perdana Putra 2019-10-29 15:14:30 Palembang 335 kali

foto bersama

PALEMBANG, Kabar28.com,- Asisten III Setda Sumsel, Prof. Dr. HM. Edwar Juliartha mengatakan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel telah menggagas gerakan One Agency One Innovation.

 

Hal itu diungkapkan Edward saat menghadiri seminar nasional, di griya Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIHPADA) Palembang, Selasa (29/10/2019).

 

"Tujuannya untuk memastikan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pemkab/Pemkot memberikan masukan serta solusi terhadap pemecahan masalah di Sumsel," katanya.

 

Diungkannya, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel berharap dalam 1 tahun harus ada inovasi yang lahir, Sumsel merupakan provinsi pertama yang menerapkan One Agency One Innovation.

 

"Tantangan kita tidak cukup dengan peraturan dan implementasi saja. Salah satu kebijakan yang diambil pemprov Sumsel yakni melarang angkutan batubara melewati jalan umum dan dibuatkan jalan khusus," katanya.

 

Dijelaskannya, beberapa strategi lainnya yang dibuat oleh pemerintah provinsi Sumsel yakni perbaikan infrastruktur, pembangkit listrik berbahan elpiji, pelabuhan Tanjung Api-Api.

 

"Selain itu jalur kereta api dibuat double track, transportasi sungai dan juga peningkatan pengawasan, ini merupakan tindakan yang sangat luar biasa untuk kemajuan Sumsel," ungkapnya. 

 

Menurut Ketua Dewan Pembina Yayasan Dikti STIHPADA, Firman Fready Busroh, kegiatan tersebut merupakan seminar kerjasama antara STIHPADA dengan APHA.

 

"Kita menyoroti masalah pengelolaan SDA berbasis kearifan lokal, kita lihat Indonesia kaya budaya, kaya akan SDA, akan tetapi Untuk itu kita undang para pakar hukum dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam APHA, agar mengkaji dan meneliti sumbangsih pemikiran apa untuk perbaikan penataan SDA berbasis kearifan lokal," ujarnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close