WISH Festival Hadir di Palembang


Arie Perdana Putra 2019-10-12 19:57:03 Palembang 289 kali

Pembukaan Wish Festival

PALEMBANG, Kabar28.com,- Setelah sukses menggelar World lndonesia Scholarship (WISH) Festival di Jakarta pada Agustus 2018 lalu dengan jumlah peserta 25.000 orang, Wish festival kini hadir kembali di 21 kota di Indonesia.

Untuk di Palembang WISH festival diselenggarakan di gedung graha Unsri, Sabtu (12/10/2019).

Ketua WISH Sumsel, Randi mengatakan, festival Sumsel adalah kegiatan non-profit (social) untuk menggalakkan ”Gerakan Nasional Masyarakat Peduli Beasiswa". Penyelenggara WISH Festival Sumsel adalah Mata Garuda Sumsel, Sahabat Beasiswa dan ISN (Indonesia Scholarship Network). 

"Mata Garuda adalah keluarga besar penerima dan alumni beasiswa LPDP yang menjadi wadah untuk semangat juang, berkontribusi nyata pada bangsa dan negara Indonesia untuk mempersiapkan sumber daya manusia menyongsong lndonesia Emas 2015," katanya.

Lanjutnya, Mata Garuda berlokasi di setiap daerah di Indonesia yang merupakan lokasi daerah para penerima beasiswa LPDP. Untuk di Sumsel, disebut Mata Garuda Sumsel yang merupakan wadah untuk keluarga besar penerima dan alumni beasiswa LPDP RI yang lahir, dan berdomisili ataupun menetap, menempuh Pendidikan di Sumatera Selatan serta ingin berkontribusi untuk Sumatra Selatan.

"Sahabat beasiswa adalah komunitas beasiswa terbesar di Indonesia dengan lebih dari 33 chapter komunitas di Indonesia. Indonesia Scholarship Network (ISN) adalah jaringan beasiswa hasil kolaborasi organisasi dan komunitas yang menjadi penghubung antara pemerintah, lembaga beasiswa, organisasi, komunitas dan masyarakat dalam membantu pemerataan informasi dan pengembangan program preparation beasiswa dan membantu mencari solusi dari berbagai plemik ata isu permasalahan beasiswa di Indonesia," ujarnya.

Wish festival sumsel merupakan suatu event yang tepat untuk mempertemukan para scholarship hunter, awardee, komunitas/organisasi, lembaga penyedia beasiswa, dan lembaga pendidikan (dalam dan luar negeri), kedutaan asing, pemerintah hingga perusahaan/institusi yang peduli terhadap beasiswa dan pendidikan di Indonesia dalam 1 rangkaian acara kegiatan.

"Yaitu forum beasiswa, pameran Pendidikan, workshop, seminar dan mentoring beasiswa yang akan dilaksanakan pada 1 hari acara," ungkapnya.

Menurut Wakil Ketua Pelaksana WISH, Ravensky, tujuan kegiatan wish festival Sumsel adalah sosialisasi pemangku kepentingan (pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah asing, Lembaga pemberi beasiswa) melalui sebuah forum diskusi tentang beasiswa untuk mencetak generasi emas lndonesia menyelenggarakan kegiatan-kegiatan preparation beasiswa secara gratis.

"Diantaranya memberikan preparation IELTS/TOEFL, stand konsultasi beasiswa, presentasi Lembaga beasiswa, workshop persiapan aplikasi beasiswa, coaching dan mentoring beasiswa dari para awarde, dan lain-lain, kemudian mempublikasikan secara jelas dan merata berbagai program beasiwa/menggalakan gerakan nasional peduli beasiswa dan mensosialisasikan program kampung beasiswa (program pelatihan bahasa asing dan persiapan beasiswa di 34 provinsi di Indonesia secara gratis untuk masyarakat Indonesia, dan ada 12 lembaga dikelola oleh Kementerian Keuangan serta Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan," ungkapnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close