Ribuan Pelajar Ikuti HAI di Tanjung Raja


Arie Perdana Putra 2019-10-09 00:06:49 Pendidikan 156 kali

Foto bersama pejabat Pemkab OI dengan para tamu undangan

INDRALAYA, Kabar28.com,- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Ogan Ilir (OI), peringati Hari Aksara Internasional (HAI) ke- 54, di Lapangan Sepakbola Tanjung Raja, Selasa (8/10/2019).

Berbagai kegiatan digelar seperti jalan sehat, senam sehat serta pameran produk lokal berupa kerajinan dari para pelajar digelar guna memeriahkan event tahunan tersebut.

Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Koordinator Wilayah (Korwil) Dikbud Kecamatan beserta Kepala PAUD, TK, SD dan SMP serta ribuan pelajar se- OI.

Tampak Hadir, Kepala BP PAUD Sumsel-Babel DR. Subiyanto, Bupati OI HM Ilyas Panji Alam diwakili Sekda H. Herman, Asisten I HA. Rahman Rosidi, Kadindikbud OI DR. Ariyanto, para guru serta ribuan Pelajar.

Menurut Sekda OI, H. Herman, peringatan HAI merupakan suatu kerjasama yang dilakukan oleh Disdikbud OI berserta jajarannya, terkhusus PKM-PKM dalam rangka memberantas buta aksara di OI.

"Alhamdullilah 99,99% warga OI sudah dapat melaksanakan HAI ini," katanya.

Menurunya, jika dibandingkan dengan saudara-saudara lain di tingkat nasional baru 98%.

"Artinya OI sudah berhasil dalam melaksanakan pemberantasan buta aksara.

Kadisdikbud OI, DR. Arianto mengatakan, untuk mengembalikan kehidupan dalam kearifan lokal, pihaknya menggerakkan KPM Kabupaten Ogan Ilir dalam rangka mensosialisasikan HAI. 

"Tujuan kita ke depan ialah nol persen buta aksara yang ada di OI. Kita selalu sosialisasi dan bekerja sama dengan kepala desa, camat dan UPTD serta kepala sekolah sebagai ujung tombak kita dalam mendeteksi sejauh mana buta aksara di OI, kita selesaikan secepatnya dan sedini mungkin," ujarnya.

Sementara, Kepala BP PAUD Sumsel-Babel, DR. Subiyanto mengaku tidak mengira kegiatan tersebut luar biasa, hampir sama dengan yang ada di tingkat nasional.

"Menurut saya ini bisa jadi bespraktis untuk kabupaten/kota yang lain, sepengetahuan saya di OI ini banyak inovasi, perlu dicontoh juga oleh daerah-daerah lain," jelasnya. (drs)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close