Dinas PUPR Kota Palembang Dukung Perumahan Berbasis Komunitas


Arie Perdana Putra 2019-10-08 13:05:53 Palembang 138 kali

Sosialisasi perumahan berbasis komunitas

PALEMBANG, Kabar28.com,- Dinas PUPR Palembang lakukan sosialisasi Perumahan berbasis komunitas bersama 500 tukang penyapu jalan, di kantor Dinas PUPR Palembang, Selasa (8/10/2019).

Kadis PU Perkim Sumsel Ir. H. Basyaruddin Akhmad mengatakan, dalam kegiatan tersebut 500 komunitas terdiri pembersih sungai, pemelihara jalan, pemelihara Ipal (air limbah) di Kota Palembang bersilaturahmi menyukseskan program rumah berbasis komunitas.

"Mereka harus siap diverifikasi untuk kebutuhan penyediaan rumah, kami hadir untuk memenuhi kebutuhan aperumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah berbasis komunitas. Mereka akan menerima bantuan pembangunan rumah swadaya sebesar Rp30 juta untuk material, dan R5 juta untuk upah tukang," katanya.

Lanjutnya, mereka juga akan diberikan bantuan jalan, air minum dan safetytank ramah lingkungan. Nanti akan ada juga bantuan dari CSR untuk meningkatkan ekonomi produktif bagi komunitas tersebut. Misalnya melatih istri agar dapat berusaha menjual makanan, ataupun yang lainnya sehingga dapat membantu suaminya untuk mencicil tanah.

"Tugas mereka hanya mencicil tanah yang cukup murah sesuai dengan kemampuan mereka, karena kegiatan lebih kepada sosial untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi masyarakat yang memang berpenghasilan rendah. Untuk cicilan tanahnya diperkirakan Rp300 hingga Rp400 ribu perbulan yang akan difasilitasi kredit mikro Bank BTN," ungkapnya.

Menurut Kepala Bidang Bina Marga Ir. Yudha Fardyansah dan Kepala Bidang Sumber Daya Air Dan Limbah (SDAIL) Kota Palembang Ir.  R. A. Marlina Sylvia,  M.Si, M.Sc, IPM, kegiatan hari ini seperti biasa yakni apel bersama tenaga Pekerja Harian Lepas (PHL) baik dari bidang kebinamargaan, yaitu PHL pemeliharaan jalan dan juga dari bidang SDAIL yakni pemeliharaan Ipal, dan pembersih sungai dan drainase.

"Bersama Dinas Permukim Sumsel, forum CSR dan Bank BTN menyampaikan informasi adanya pemberian kredit murah bersubsidi tanah. Tentunya sangat terjangkau bagi PHL kita, jadi mereka mendapatkan rumah beserta tanah murah sesuai dengan penghasilan mereka sehingga mampu mereka bayarkan," ujarnya.

Ditambahkannya, hari ini sudah terverifikasi 383 komunitas terdiri dari 342 komunitas sungai dan drainase. Sisasnya adalah komunitas pemeliharaan Ipal. 

"Harapan kami para komunitas yang sudah terverifikasi tadi mendapatkan rumah sesuai dengan aturan ataupun syarat dari kementerian, dan perpanjangannya dari Pemprov Sumsel untuk disegerakan, dan ini merupakan pilot project pertama di Palembang bekerjasama dengan Dinas PUPR. Seluruhnya berjumlah 1.172 dengan berbagai komunitas," pungkasnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close