100 Satpam Ikuti Seminar ABUJAPI


Arie Perdana Putra 2019-10-07 18:04:24 Palembang 104 kali

Salah satu peserta seminar saat diwawancarai

PALEMBANG, Kabar28.com,- Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (ABUJAPI) Sumsel, mengadakan seminar dengan mengambil tema "Manfaat badan usaha jasa pengamanan terhadap pengguna Satpam", di ballroom Grand Atyasa, Senin (7/10/2019).

Hadir dalam kegiatan itu, anggota DPRD Palembang Fraksi PAN H. Sudirman, Ketua ABUJAPI Sumsel H. Novembriono, Direktur Utama Sahabat Mandiri Ksatria (SMART) H. Bobbi Alex dan undangan lainnya. 

Ketua ABUJAPI Sumsel H. Novembriono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif para anggota, sebagai ketua dia hanya memberikan fasilitas sesuai dengan amanat AD/ART, bahwa fungsi ABUJAPI Sumsel adalah menjalankan roda organisasi guna perkembangan Satpam secara keseluruhan dan khususnya Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP).

"Amanat ini harus kami jalankan, sebagai dedikasi kami para pengurus untuk memberikan tambahan ilmu, jadi tambahan ilmu kepada mereka untuk bekal mereka menjalankan usaha," ujarnya.

Lanjutnya, peserta seminar berjumlah 100 orang baik dari dalam maupun luar Sumsel. Sejauh ini sesuai dengan ADRT, ABUJAPI melakukan edukasi, informasi, sertifikasi dan pelatihan.

"Ke depan kita akan mencoba lebih luas lagi, tidak hanya BUJP tetapi instansi yang berhubungan dengan Satpam. Kita akan kelola itu, dan akan kita sampaikan kepada mereka khususnya para security yang harus kita perhatikan. Karena tonggak awal ataupun perkembangan BUJP tidak lepas dari peran Satpam," ungkapnya. 

Ditambahkannya, selama ini ada beberapa perusahaan yang mendelay pembayaran, memang ada dan itu merupakan resiko dari usaha, tapi resiko minimal yang harus dikurangi adalah jangan sampai Satpam bekerja langsung kepada user. User tidak menggaji Satpam, itu yang bisa diminimalisir dengan adanya BUJP, mau tidak mau gajian tepat waktu.

"Bagaimana invoice pembayarannya tergantung dengan kontrak kerja kepada perusahaan tersebut. Kalau tidak ada terdaftar, atau tidak melapor kepada ABUJAPI maka izin operasional tidak keluar, karena itu merupakan syarat kepengurusan," bebernya. 

Direktur PT. SMART Palembang, H. Bobbi Alex berharap para peserta agar bertambah pengetahuan dan wawasan tentang BUJP.

Pihaknya ingin dengan adanya BUJP yang pengelola security memiliki BUJP sesuai Peraturan Keamanan No.24 tahun 2007 tentang sistem manajemen pengamanan.

"Jadi seminar ini intinya supaya yang ingin menggunakan security harus memiliki BUJP. Sejauh ini yang tergabung baru sebagian, maka dari itu seminar ini untuk mengenal bahwa kita bidang jasa pengamanan, harus ikut asosiasi berbadan hukum yakni BUJP," katanya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close