Peringati Hari Batik Nasional, Guru SMKN 1 Intan Kompak Pakai Batik


Arie Perdana Putra 2019-10-02 12:05:39 Pendidikan 176 kali

Foto bersama para dewan guru dan staf tata usaha dengan kostum batik

INDRALAYA, Kabar28.com,- Semarak peringatan Hari Bakti Nasional ternyata tak hanya ada di perkantoran dan lembaga-lembaga pemerintah.

Namun, juga terasa di sekolah-sekolah yang ada pelosok desa. Salah satunya seperti yang ada di SMK Negeri Indralaya Selatan (Intan), Ogan Ilir (OI).

Guna memperingati Hari Batik Nasional tersebut, para dewan guru dan staf tata usaha SMK Negeri 1 Intan kompak mengenakan batik pada Hari Batik Nasional, Rabu (2/10/2019).

Kepala SMK Negeri 1 Intan, Jon Hery mengatakan, kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk memperingati hari batik nasional, dan mempromosikan batik kepada para pelajar di SMK setempat.

"Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia yang sudah diakui dunia, oleh karena itu anak sekolah harus kenal dan cinta dengan batik," katanya.

Diungkapkan Jon, sebagai warisan budaya, semua pihak harus ikut berperan menjaga dan melestarikan keberadaan batik di tengah-tengah masyarakat, terutama di kancah Internasional.

"Kita semua harus berperan menjaga dan melestarikan batik agar jangan dikikis oleh perkembangan kebudayaan asing. Untuk itu, kita memperkenalkan batik kepada anak-anak usia sekolah," pungkasnya.

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Pada tanggal ini, beragam lapisan masyarakat dari pejabat pemerintah dan pegawai BUMN hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik.

Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia.

UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia.

Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close