Kadisbudpar Sumsel: Boleh Modifikasi Riasan, tapi jangan Hilangkan Adat Istiadat


Arie Perdana Putra 2019-07-31 12:22:20 Palembang 45 kali

Kadisbudpar Sumsel terima buku dari DPD Katalia Sumsel

PALEMBANG, Kabar28.com,- Pengurus Asosiasi Ahli Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Katalia Sumatera Selatan periode 2019-2024 dilantik, di Ballroom The Sultan Convention Bukit, Palembang, Rabu (31/7/2019).

Francisca Jessie, terpilih sebagai Ketua DPD Asosiasi Ahli Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Katalia Sumsel, yang dilantik oleh Ketua Umum DPP Asosiasi Ahli Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Katalia, Hj. Koen Mulyono.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sumsel, Alifa Syahrizal mengatakan sangat bangga dengan yang dilakukan oleh Ketua DPD Katalia Sumsel periode sebelumnya yang telah membuat buku.

"Buku ini sendiri sudah ada di mana-mana, salah satunya di perpustakaan daerah Sumsel yang bisa menjadi bahan bacaan bagi para perias, supaya ilmu mereka bisa bertambah," katanya.

Lanjutnya, dengan keragaman budaya yang dimiliki, perias boleh memodifikasi sebuah pakaian atau tradisi, tetapi jangan hilangkan kekayaan adat istiadat yang sudah ada.

"Kita harapkan kepada ketua yang baru nanti supaya mengakomodir semua ahli tata rias pengantin dan pakaian, tetap mencintai produk-produk dalam negeri, jangan sampai tergerus oleh budaya modernisasi," ungkapnya.

Ketua Umum DPP Asosiasi Ahli Rias Pengantin Modifikasi dan Modern Katalia, Hj. Koen Mulyono menjelaskan, Katalia berdiri sejak Mei 2007 dan sudah terbentuk di 34 provinsi di Indonesia.

"Kita memiliki misi untuk mendidik tata rias pengantin profesional, untuk itu kita mengadakan uji kompetensi agar tak ketinggalan, karena kita sudah masuk zaman MEA," ujarnya.

Sementara, Ketua DPD Katalia Sumsel periode 2014-2019 Hj. Anna Kumari mengatakan, walaupun dirinya sudah tidak lagi menjadi ketua, namun dirinya masih sebagai dewan penasehat.

"Maka saya bisa menasehati para anggota agar lebih baik lagi untuk menjalankan tugas berat ini, saya meninggalkan Katalia bukan berarti lepas secara keseluruhan namun saya berada sebagai dewan penasehat," katanya.(ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close