Bukan Senang-senang dan Foya-foya, 113 Kades se- OI ke Cibodas Belajar Kelola Desa


Arie Perdana Putra 2019-07-30 16:58:38 Nasional 86 kali

Ratusan kades dan camat dari OI mendengar pemaparan Kades Cibodas

BANDUNG, Kabar28.com,- 113 Kepala Desa  se- Ogan Ilir Observasi Lapangan ke Desa Cibodas , Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat , Jawa Barat, Jum'at-Senin (26-29/7/2019).

Ketua Forum Kepala Desa se- Ogan Ilir, Mahersyah menjelaskan, diadakannya observasi lapangan tersebut untuk mengetahui langsung bagaimana tekhnis pengelolaan keuangan dan administrasi desa yang baik.

"Cibodas kami pilih karena desa ini sudah berhasil dalam admistrasi dan pengelolaan keuangan desa, yang sudah mendapat predikat sebagai juara nasional. Jadi, tujuan kami datang ke desa ini untuk melihat dan belajar mengelola desa dengan desa yang sudah maju,, bukan untuk senang-senang dan foya-foya," ujarnya.

Sekretaris Desa (Sekdes) Cibodas Yuyu Wahyu menerangkan, Cibodas mempunyai tiga BUMDes, yakni pengelolaan unit air bersih, pengelolaan niaga (mini market) dan pengelolaan gedung serbaguna (sewa gedung).

"Modal awal dari dana desa sebesar Rp700 juta, dari ketiga unit usaha tersebut kami mendapat laba keuntungan rata-rata Rp10 juta perbulan. Selain itu PAD kami juga didapat dari restribusi beberapa objek wisata di wilayah desa kami sebesar Rp15 juta perbulan," terangnya.

Desa Cibodas merupakan juara nasional dalam pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), keuangan desa dan pelayanan administrasi.

Desa Cibodas memiliki perkantoran terpadu terdiri dari kantor desa, Puskesdes, kantor Bumdes, gedung serbaguna, kantor BPD, rumah dinas kepala desa, SD dan tempat ibadah semuanya berlokasi dalam satu kawasan. (red)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close