Siap Bersaing di Tingkat Nasional, Pusda Sumsel Lakukan Ini


Arie Perdana Putra 2019-07-16 16:39:05 Palembang 25 kali

Kadis Perpusda Sumsel

PALEMBANG, Kabar28.com,- Perpustakaan Daerah provinsi Sumatera Selatan (Pusda Sumsel) demi untuk meningkatkan membaca dan membaca untuk anak maka Pusda Sumsel mengadakan Lomba Bercerita Siswa Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidayah tingkat provinsi Sumatera Selatan yang dilaksanakan diaula Pusda Sumsel yang langsung dilakukan oleh Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Sumsel Mislena, Selasa (16/7/2019).

Dikatakan oleh Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Sumsel Mislena bahwa kita menyelenggarakan lomba bercerita anak SD/MI tingkat provinsi dan yang menang nanti akan kita bawa ketingkat nasional, semua dewan juri berasal dari luar, ada unsur komunitas dogeng, dari Unsri yang unsur Pustakawan. Ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun, lomba bercerita untuk meningkatkan minat membaca para anak ini, hasilnya dari kabupaten atau kota pemenangnya kita lombakan tingkat provinsi, kemudian tingkat nasional, kemudian yang menang pertama akan dilombakan kembali untuk seluruh Indonesia yakni 34 provinsi diJakarta yakni diperpustakaan Nasional Republik Indonesia, 17 kabupaten mengirimkan 1 pemenang pertama yang dikirimkan ke provinsi, dan yang paling banyak peserta sebelum tahap pemenang yakni kota Palembang, ujarnya.

Kemudian kegiatan ini menggunakan dana Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (APBN), dan kita harapkan juga ada support dari sekolah masing-masing terkait kegiatan seperti ini, dan kita juga saling sharing untuk mengenai dana kegiatan, supaya untuk lomba becerita ini bisa terlaksana setiap tahun baik dikabupaten atau kota. Dan untuk fasilitas penunjang perpustakaan bisa dilakukan dana sendiri dan juga bisa melalui dana "CSR perusahaan disekitar wilayah setempat", kalau untuk menuju daerah perairan lebih baik menggunakan speadboath kurang pas kalau menggunakan kendaraan mobil, jadi lebih tepat sasaran, karena bisa menjangkau lebih dekat dengan masyarakat agar minat membacanya meningkat, ungkapnya.

Ketua Panitia acara Netty mengatakan berdasarkan Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2019 tentang Penetapan Pejabat Pengelola Dana Dekonsentrasi pada Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan Tahun Anggaran 2018 Surat Pengesahan Daftar Pelaksana Anggaran Tahun Anggaran 2019 Nomor : SP DIPA 057.01.3.l 10042/2019 tanggal 5 Desember 2018 maka digelar kegiatan ini yang bertujuan menumbuh kembangkan budaya gemar membaca anak anak melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa, membangun karakter, kecerdasan, inovasi dan daya kompetitif bangsa mengangkat dan mempopulerkan buku buku cerita budaya daerah yang isinya mengandung nilai-nilai kepahlawanan dan misi membangun karakter bangsa, tegasnya. 

Ditambahkannya "untuk menumbuh kembangkan kecintaan anak-anak akan budaya nusantara". Terus untuk sasaran lombanya difokuskan kepada siswa / siswi SD kelas 4/ 5 yang merupakan pemenang !, II, dan III dan Harapan lomba bercerita tingkat kabupaten / kota sebanyak 23 orang. Diharapkan dari kegiatan ini dapat terpilih pendongeng terbaik tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Dan pada saatnya nanti pemenang I akan diikut sertakan dalam lomba tingkat nasional di jakarta pada bulan september mendatang. Waktu dan tempat pelaksanaannya Lomba bercerita siswa SD / MI Tingkat Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan pada hari ini, diaula Dinas Pusda Provinsi Sumsel, pungkasnya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close