Herman Deru: Penyandang Disabilitas Harus Ditampilkan dan Difasilitasi


Arie Perdana Putra 2019-07-13 02:53:42 Palembang 22 kali

Ilustrasi

PALEMBANG, Kabar28.com,- Sebagian besar orang tua yang memiliki anak penyandang disabilitas, atau yang berkebutuhan khusus masih "menyembunyikan" anaknya.

Hal itu diungkapkan Gubernur Sumsel H. Herman Deru saat menghadiri launching buku Suara Anak Penyandang Disabilitas "Dengarkan Curhatan Kami" yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, di Hotel Novotel Palembang, kemarin.

"Saya minta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Dinas Sosial turun ke lapangan, rangkul dan sosialisasikan pada orang tua bahwa anak-anak istimewa tersebut memerlukan ruang lebih besar untuk bersosialisasi," katanya.

Menurut Deru, anak-anak tersebut semestinya tidak disembunyikan, tapi diberi ruang dan fasilitas untuk bersosialisasi. Caranya, bisa dengan memperbanyak kegiatan seperti yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sampai ke kabupaten/kota di Sumsel.

"Jadi kegiatan ini sebenarnya untuk  memantik agar kabupaten/kota juga ikut menampilkan dan menunjukkan, bahwa masih ada yang belum terdata terutama di desa-desa. Sehingga orang tua anak penyandang disabilitas berani menampilkan anak istimewa mereka," ujarnya.

Terkait dengan penyediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas, Herman Deru mengaku sangat peduli. Buktinya adalah jembatan tangga khusus disabilitas yang dibangunnya di teras Griya Agung.

"Saya ingin tunjukkan pada jajaran agar mereka juga memberikan fasilitas yang sama, termasuk toilet dan trotoar kepada penyandang disabilitas. Nanti akan saya anjurkan juga ke bupati dan walikota di Sumsel ini," pungkasnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close