Iskandar Ajak Masyarakat Tumbuhkan Budaya Gotong Royong


Arie Perdana Putra 2019-07-11 21:02:10 Ogan Komering Ilir 18 kali

Bupati OKI H. Iskandar menyerahkan tropi kepada para pemenang lomba

KAYU AGUNG, Kabar28.com,- Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H. Iskandar mengajak masyarakat untuk menumbuhkan lagi budaya gotong royong, serta semangat peduli terhadap sesama. 

Harapan tersebut diungkapannys pada pencanangan BBGRM ke-16, HKG-PKK ke-47, di Halaman GOR Biduk Kajang Kayu Agung, Kamis (11/7/2019).

"Semangat gotong royong mulai memudar di tengah masyarakat modern. Karena itu, saya himbau kepada seluruh lapisan masyarakat OKI agar membangun kembali budaya gotong royong," katanya.

Lanjutnya, pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong ini adalah dalam rangka menghidupkan kembali budaya gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa ini agar tumbuh kembali pada tataran masyarakat di desa, di kota hingga tingkat keluarga.

"Dengan semangat Gotong Royong pula visi dan misi membangun Kabupaten OKI dapat cepat tercapai," pungkasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) OKI, Hj Nursula mengatakan, pencanangan BBGRM XVI dan hari Gerak PKK tahun ini bertujuan untuk mendayagunakan peran lembaga kemasyarakatan desa, sebagai mitra masyarakat serta meningkatkan kinerja PKK agar selaras dengan Program Pemerintah Kabupaten OKI.

“Kita ingin melestarikan nilai Gotong Royong yang menjadi budaya bangsa serta memperkuat tanggung jawab sosial masyarakat, juga untuk meningkatkan peran PKK dalam membangun daerah” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK OKI Hj. Lindasari Iskandar berkeinginan agar peringatan PKK ke- 47 menjadi penyemangat TP PKK pelopor gerakan inpiratif dalam mendukung program pembangunan. 

“Karena PKK itu mitra kerja pemerintah yang tumbuh dari oleh dan untuk masyarakat maka tugas kita untuk terus meningkatkan  fungsi gerakaan PKK melalui karya nyata dan  kreativitas dalam mendukung program pemerintah,” jelasnya. 

Pada puncak pencangan BBGRM dan Hari Gerak PKK Tahun ini, Pemerintah Kabupaten OKI memberikan penghargaan kepada desa berprestasi diantaranya, Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji yang berhasil memenangkan Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumsel 2019.

Kepala Desa Talang Jaya Kecamatan Sungai Menang sebagai kepala desa terbaik dalam pengorganisasian kelembagaan desa.

Desa Jejawi Kecamatan Jejawi sebagai desa yang mampu menjaga kebersihan Pasar Rakyat, serta katagori penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan Inspektorat Kabupaten OKI 2019 yang dimenangkan Desa Cahaya Makmur Kecamatan Lempuing.

Penghargaan juga diberikan kepada Penyuluh terbaik, Kelompok Peternakan, Kelompok Tani serta  Kasi Trantib paling aktif tingkat kecamatan, juga desa aktif dalam penanganan Karhutlah, yaitu Desa Ulak Depati Kecamatan Pampangan. (red)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close