PT. SUJ Diadukan Karyawan, Ini Sebabnya


Arie Perdana Putra 2019-07-11 00:20:52 Ogan Komering Ilir 15 kali

Panggilan Klarifikasi bersama perusahaan

KAYU AGUNG, Kabar28.com,- Merasa hak sebagai karyawan tidak dipenuhi, Irawan dan Yan Patra mengadukan PT. Samora Usaha Jaya (SUJ) ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ogan Komering Ilir, kemarin.

Menurut Irawan, permasalahan yang diadukannya ialah menuntut perusahaan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) yang tidak dibayarkan selama 2 tahun.

"Hanya tahun 2018 yang dibayarkan, itu juga cuma separuh gaji. Padahal saya bekerja sudah 3 tahun,” ungkapnya.

Lanjutnya, selama dirinya bekerja di PT. SUJ yang berada di Desa Talang Rimba Kecamatan Cengal itu, diduga PT tersebut menerima karyawan tanpa kontrak jelas.

“Selain itu, alat kelengkapan kerja tidak dipenuhi termasuk alat keselamatannya. Padahal, sebagai satuan pengamanan tugas kami 24 jam penuh,” ujarnya.

Senior Manajer HRD PT. SUJ, Rizwanto mengaku memahami tuntutan Iwan. Menurutnya, persoalan ini akan diteruskannya ke manajemen perusahaan untuk ditindaklanjuti.

“Sebagai pekerja, memang berhak menuntut haknya, sedangkan bagi perusahaan akan dipenuhi sesuai dengan undang-undang,” jelasnya.

Menanggapi hal itu Kadisnaker OKI, Tohir Yanto menyesalkan terjadinya sengketa industrial yang menurutnya merugikan para pekerja. Ia meminta pengusaha memperhatikan hak karyawan.

"PT. SUJ memang belum memiliki data sedikitpun terkait perusahaan ini. Seak mulai berdiri, perusahaan ini tidak pernah melapor ke Disnaker sebagai wakil resmi pemerintah di bidang ketenagakerjaan," ujarnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close