50 Pasutri Bertarung di Pilkades Lamongan


Arie Perdana Putra 2019-07-08 14:14:50 Nasional 16 kali

Sosialisasi dan pembentukan panitia pilkades

LAMONGAN,- Pilkades serentak di 385 desa Lamongan akan digelar September 2019. Dari 385 desa, sekitar 50 calon kepala desa (Kades) yang bertarung adalah pasangan suami-istri (Pasutri).

"Untuk Pilkades massal pada September mendatang, ada sekitar 50 calon kades yang merupakan pasangan suami-istri. Namun untuk data lengkap desa-desa mana saja, kami sendiri tidak hafal," kata Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Lamongan, Abdul Khowi, Senin (8/7/2019).

Dia menuturkan, pasangan suami-istri yang maju calon kades ada yang incumbent dan sama-sama pendatang baru. Selain pasutri yang sama-sama bertarung memperebutkan posisi kades, ada juga calon yang masih kerabat dekat.

"Munculnya pasangan suami istri itu, selain karena tidak ada rival yang maju hingga batas pendaftaran hanya satu calon. Sehingga, cakades itu meminta suami atau sebaliknya istri untuk sama-sama maju," katanya

Majunya calon kades suami-istri ini, lanjut Khowi, karena tidak ada masyarakat atau warga lain yang mendaftar. Hingga perpanjangan masa pendaftaran hingga 20 hari, terang Khowi, masih saja ada sejumlah desa yang hanya satu calon.

"Secara aturan diperbolehkan, yang tidak boleh adalah adanya calon tunggal dan maksimal hanya lima orang calon," terangnya. (red)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close