Pascagempa M 7 di Ternate, 45 Gempa Susulan Terjadi


Arie Perdana Putra 2019-07-08 12:38:30 Nasional 21 kali

Superviser On Duty Pusat Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Tsunami, BMKG

JAKARTA,- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 45 kali gempa susulan terjadi setelah gempa dengan magnitudo 7 di barat daya Ternate, Maluku Utara. Namun, BMKG menyebut magnitudo gempa cenderung menurun.

"Hasil dari pencatatan kami sampai dengan 10.30 WIB ada sekitar 45 gempa susulan dengan magnitudo terbesar M 4,9 dan yang terkecil M 3,2," ujar Superviser On Duty Pusat Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Tsunami, BMKG, Rudy Teguh Imananta di gedung BMKG, Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019).

Rudy menyebut gempa dengan magnitudo besar biasanya akan diikuti oleh gempa susulan. Namun gempa tersebut cenderung menurun dibanding gempa utama.

"Pada umumnya dengan magnitudo besar akan diikuti gempa-gempa susulan dan cenderung memang mengalami penurunan magnitudonya," kata Rudy. 

Rudy mengatakan rentang waktu dari gempa susulan berbeda-beda. BMKG mencatat semua pergerakan gempa. 

"Untuk pergerakan gempa susulan untuk waktunya rentangnya berbeda-beda. Tetapi begitu ada pergerakan gempa bumi itu yang kita catat," kata dia. 

Meski demikian, Rudy mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan terus memantau informasi dari BMKG. Apabila terjadi kerusakan pada struktur rumah agar menjauh untuk sementara. 

"Masyarakat perpatokan pada informasi daripada BMKG, jadi tetap kita pantau pascgempa yang bermagnitudo cukup signifikan," kata Rudy. 

"Karena gempanya cukup signifikan. Bila terjadi kerusakan di struktur rumah, mungkin bisa menjauh sementara, karena gempa susulan masih terjadi walaupun sudah mengecil. Untuk bangunan yang strukturnya kuat silahkan kembali ke rumah," kata dia.

Diketahui, gempa M 7 terjadi pada Minggu pukul 22.08 WIB. Pusat gempa berada di laut dengan koordinat 0,54 LU-126,19 BT atau 133 kilometer arah barat daya Ternate, Maluku Utara. (red)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close