Jumlah Babinsa tak Sebanding dengan Desa


Arie Perdana Putra 2019-07-01 21:52:59 Ogan Komering Ilir 25 kali

KAYU AGUNG, Kabar28.com,- Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Brigjen TNI Gathut Setyo Utomo menyebut, jumlah TNI yang bertugas menjadi Babinsa saat ini tak sebanding dengan jumlah desa yang ada.

"Jumlah Babinsa di seluruh Indonesia saat ini sekitar 6.000 personel, sementara jumlah desa yang diinventarisir lebih dari 100 ribu," katanya saat melakukan kunjungan ke Kodim 0402/OKI-OI, Senin (1/7/2019).

Untuk itu, Gathut meminta para Babinsa pandai mencari solusi agar lebih memudahkan mereka dalam bertugas. Dirinya juga menawarkan solusi, dengan cara membangun jaringan di masyarakat.

“Solusinya dia bangun jaringan atau mitra, jadi bagaimana masyarakat itu kita bina untuk selanjutnya sama-sama membantu. Jadi dia setiap hari harus punya mitra,” tukasnya. (app)

Sementara itu, Bupati OKI, Iskandar menilai pembinaan teritorial ini sendiri sangat penting untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan masyarakat sehingga masyarakat merasa nyaman bersama TNI.

“Filosofinya memang setelah merebut kemerdekaan, mereka harus mengisi kemerdekaan dan membantu menumbuhkan ekonomi, mencerdaskan kehidupan bangsa. Pembinaan inilah yang terus dilakukan sehingga pengabdian dari TNI ini tiada akhir,” ujar Iskandar.

Untuk di OKI sendiri, menurut Iskandar keberadaan dari TNI khususnya Kodim 0402 ini sudah cukup mengedukasi dan memberi solusi masyarakat melalui program-programnya. Salah satunya dalam kegiatan cetak sawah, tanam serempak dan situasi aman dan kondusif.

“Semoga mereka (masyarakat) tahu inilah TNI yang tidak mengenal ruang dan waktu dengan pengorbanan yang tinggi mereka berjuang untuk negara,” tandasnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close