636 Mustahik di OKI Terima Zakat


Arie Perdana Putra 2019-06-05 12:30:12 Ogan Komering Ilir 21 kali

Jajaran pengurus Baznas OKI

KAYU AGUNG, Kabar28.com,- 636 mustahik menerima zakat dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) OKI, di Pendopoan Rumah Dinas Bupati OKI, kemarin.

Kegiatan ini merupakan program tahunan Bupati OKI H. Iskandar, berbagi kasih kepada pasukan biru dan fakir miskin di Bumi Bende Seguguk.

Sekretaris Daerah (Sekda) OKI, H. Husin mengatakan, pembagian zakat ini sedikit banyak dapat membantu masyarakat dalam menyambut Idul fitri.

"Sasarannya masyarakat kurang beruntung yang mendapat PKH di Kecamatan Pampangan, Lempuing Jaya dan Kayuagung," terangnya.

Lanjutnya, melalui event tahunan itu diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam menghadapi idul fitri, serta memberi motivasi kepada masyarakat  masyarakat mampu melaksanakan infak sadaqoh.

"Coba pikir satu orang yang memiliki kemampuan ekonomi untuk membantu,
Kalau zakat dan fitrah itu kan sudah menjadi kewajiban," tandasnya.

Disinggung soal himbauan bagi ASN untuk menyalurkan zakat penghasilannya ke Baznas. Pihaknya tidak bisa memaksakan karena terkadang masih ada ASN yang gajinya habis untuk membayar pinjaman di bank.

"Saat ini yang paling banyak menyalurkan zakatnya melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yakni Dinas Pendidikan dan Kesehatan," ungkapnya.

Ketua Baznas OKI, H M Nazir Bayad menjelaskan, tugas Baznas ini berat dan tidak boleh mengendap karena ini amal ibadah orang yang harus disalurkan segera untuk berbagai program kegiatan yang dilakukan.

"Totalnya Rp63 juta, dibagi tiga region yakni kecamatan Pampangan, Lempuing Jaya dan Kayuagung," jelasnya.

Kalau dana memungkinkan, lanjutnya, akan dibuat program produktif seperti memelihara ikan dan penguatan usaha lainnya. Sehingga mereka nanti bisa menjadi muzakki. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close