Ogan Ilir Bersiap Diri Hadapi Kebakaran Hutan dan Lahan


Muallim 2019-05-03 21:40:20 Ogan Ilir 36 kali

INDRALAYA, Kabar28.com,- Sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Ir. H.Joko Widodo pada acara Rapat Koordinasi Nasional tentang Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan yang diselenggrakan pada Februari 2019 lalu dan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumsel No.163/Keputusan/BPBDSumsel2019, Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Ilir menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan bersama Kodim 0402-OKI/OI, Polres Ogan Ilir, Kejari Ogan Ilir dan seluruh Perusahaan yang ada di Bumi caram Seguguk, Jum’at (03/05).

Dalam Laporannya Kepala BPBD Ogan Ilir Jamhuri, S.sos menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Rapat Koordinasi tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap tugas dan fungsi serta tanggung jawab ASN di satuan tugas kerja dan satuan organisasi pemerintah dalam membuat keputusan sehingga tidak bertentangan dan sesuai dengan tata usaha negara.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung Pendopoan Rumah Dinas Bupati Ogan Ilir KPT-Tanjung Senai yang dihadiri langsung oleh Bupati OI H.M.Ilyas Panji Alam, Sekda Kabupaten OI H.Herman, S.H, M.M, Kajari OI Adi Tyogunawan, Dandim 0402-OKI/OI Letkol Inf.Riyandi, Kapolres OI AKBP.Gazali Ahmad, Kasi Logistik dan Peralatan BPBD Provinsi Sumsel Syafudin, Kepala BPBD OI Jamhuri S.sos, Pabung 0402-OKI/OI Mayor Arh.Ikrra W, Danramil sekabupaten OI, Kapolsek sekabupaten OI, para Camat sekabupaten OI, dan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Ogan Ilir.

Pada sela-sela kegiatan tersebut dilaksanakan panandatanganan secara simbolis Kesepakatan Integritas dalam penanggulangan Kabakaran Hutan dan Lahan secara bersama oleh Bupati OI, Dandim 0402-OKI/OI, Kapolres OI, Kajari OI dan Management Perusahaan di OI.

Bupati Ogan Ilir H.M.Ilyas Panji Alam mengatakan Kabupaten Ogan Ilir merupakan salah satu daerah yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan, maka dari itu pada rapat koordinasi ini Pemerintah Ogan Ilir dan Perusahaan bersepakat untuk menyiapkan minimal 1 regu pemadam karhutla di masing-masing wilayah perusahaan.

“Di setiap Desa nantinya akan kita aktifkan kembali regu Masyarakat Peduli Api sehingga dapat mensosialisasi tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan baik untuk kesehatan maupun untuk lingkungan” Jelas Bupati OI.

Dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Ogan Ilir, dirinya menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir sudah bekerja sama dengan pihak TNI dan Polri serta seluruh Perusahaan yang ada di Ogan Ilir dalam mensosialisasikan tentang bahaya karhutla dan akan melaksanakan patroli ke daerah yang rawan terjadinya karhutla di Bumi Caram Seguguk.

“Pemerintah OI bersama TNI dan Polri serta seluruh Perusahaan di OI akan melaksanakan simulasi ke seluruh desa yang rawan terjadinya karhutla tentang cara mengantisipasi dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan” Ungkap Ilyas. (mlm)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close