Peraturan SNMPTN Berubah


Arie Perdana Putra 2019-02-07 22:58:16 Pendidikan 45 kali

PALEMBANG, Kabar28.com,- Beberapa peraturan terkait dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) terjadi perubahan, dari jumlah program studi (prodi) yang bisa dipilih serta beberapa hal lainnya.

Tidak seperti tahun sebelumnya, dalam SNMPTN tahun ini setiap peserta hanya bisa memilih dua Prodi saja, sedangkan pada tahun lalu para calon mahasiswa (Cama) bisa memilih 3 prodi.

Ketua Panitia Lokal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Universitas Sriwijaya (Unsri), Zulfikri Dahlan mengatakan, ada juga keuntungannya para cama bisa memilih prodi di universitas berbeda.

Dijelaskanya, para cama bisa memilih dua prodi di dua PTN. Kalau dulu hanya boleh memilih di satu PTN saja tapi sekarang bisa di dua PTN sekaligus. Mau program studi apa saja  yang akan di ambil. Semua bisa dilakukan tapi tentu saja nilai akhir yang aka menentukan.

Nantinya juga akan ada  Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), UTBK. Jadi UTBK ini untuk para cama yang sudah pernah mengikuti SNMPTN tapi tidak lulus.  

"Dianjurkan tidak lintas minat nanti akan merugikan bagi peserta tersebut. Jadi siswa yang bidang kealihanya IPA hendaknya mengambil yang jurusan saja," terangnya, Kamis (7/2/2019).

Ia juga mengatakan nantinya ujian akan memakai tempat disekolah juga. Tapi tentu saja yang memiliki standar di mana dalam satu ruangan ada sebanyak 20 komputer saja. Sebab saat ini di Unsri Bukit hanya ada 120 komputer saja. Sedangkan dibutuhkan 2100 unit komputer yang akan disediakan, sebanyak 20 kali tes. Jadi diperkirakan akan ada sebanyak 21ribu peserta tes. 

Diteruskannya untuk jadwal sebagai berikut Launching SNMPTN 04 Januari 2019, pengisian dan verifikasi PDSS 4-25 Januari. Pendaftaran SNMPTN 4-14 Februari. Jadi saat ini sudah masuk tahap pendaftaran SNMPTN. 

Kemudian pengumuman hasil SNMPTN 23 Maret 2019. Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), pelaksanaan UTBK (10kali -20 sesi), 13 April -26 Mei 2019. Pengumuman hasil UTBK 23 April -2 Juni. Pendaftaran SBMPTN 10- 24 Juni. Pengumuman hasil SBMPTN 9 Juli. 

"Setelah semua selesai akan dilanjutkan seleksi mandiri PTN yang akan diumumkan paling lambat 30 Juli mendatang," pungkasnya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close