Hati-hati, Pemberi Uang ke Pengemis Terancam Penjara


Arie Perdana Putra 2019-02-05 16:11:00 Palembang 75 kali

Ilustrasi

PALEMBANG, Kabar28.com,- Para pemberi uang kepada pengemis di Kota Palembang, Sumatera Selatan terancam dijebloskan ke penjara jika tepergok oleh Dinas Sosial setempat.

Hal itu lantaran Peraturan Daerah (Perda) Kota Palembang tahun 2013 melarang keras bagi siapapun untuk memberikan uang kepada para pengemis terutama di jalanan.

Dalam aturan tersebut, para pemberi uang kepada pengemis akan dikenakan hukuman berupa denda Rp50 juta atau kurungan 3 bulan penjara.

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Palembang, Ikhsan mengatakan, pembentukan Perda tersebut untuk mengurangi angka Anak Jalanan (Anjal), Pengemis, Gelandangan dan orang gila.

"Sejak aturan ini diterapkan, angka para pengemis, anak jalanan, dan gelandangan mengalami penurunan," ujarnya, Selasa (5/2/2019).

Pada tahun 2017, total anak jalanan, pengemis, gelandangan dan orang gila yang berhasil terjaring yakni sebesar 400 orang sedangkan ditahun 2018 yakni sebanyak 200 orang.

"Hampir rata-rata yang terjaring berasal dari luar Palembang, seperti dari Sukabumi," katanya.

Namun, untuk para pemberi uang kepada pengemis, hingga saat ini belum ada satupun yang pernah tertangkap. Ia mengimbau agar masyarakat sadar untuk tidak memberikan uang kepada pengemis dalam bentuk apapun.

"Masyarakat juga harus mendukung, kalau pengemis tidak dikasih uang, mereka akan pergi. Kalau ada yang melihat pengemis, kami juga imbau agar melaporkan, supaya bisa langsung ditindak," ujarnya. (red/rel)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close