Kelenteng Hoy Lak Kiong Bersiap Sambut Imlek


Arie Perdana Putra 2019-02-04 12:51:35 Nasional 93 kali

BEKASI,- Pengurus kelenteng Hok Lay Kiong, Bekasi, Jawa Barat, melakukan persiapan jelang tahun baru, Imlek. Pengurus kelenteng menyiapkan lilin hingga pencucian ornamen.

Tampak pengurus membuka bungkus sejumlah lilin. Lilin tersebut diberdirikan sejajar. Sebagian lilin disusun di halaman kelenteng, sebagian lagi di dalam kelenteng.

Ratusan dupa yang terbungkus koran tersedia di rak di salah satu sudut kelenteng Hok Lay Kiong. Asap dari dupa yang terbakar memenuhi kelenteng.

Tampak puluhan orang berdatangan ke kelenteng Hok Lay Kiong. Mereka terlihat berdoa dengan khusyuk.

Wakil Ketua Pengurus Kelenteng Hok Lay Kiong, Bok Liang mengatakan, pihaknya mempersiapkan 250 pasang lilin, dan pihaknya juga sudah melakukan pembersihan ornamen 10 hari yang lalu."2.500 dupa dipersiapkan untuk kebutuhan ibadah jemaah. Saya memprediksi, Kelenteng Hok Lay Kiong akan dipenuhi oleh jamaah, namun pengurus Kelenteng Hok Lay Kiong tidak menerapkan sistem shift," katanya.

Lanjutnya, kalau keluar masuk sih perkiraan 700 orang. Soalnya tempat untuk menampung sih nggak ada. Istirahat, berdoa sebentar, ya sudah ganti. Nggak (shift). Ada yang datang (beribadah), ya udah gantian. Selain itu, kelenteng Hok Lay Kiong juga akan mengadakan pesta kembang api pada Selasa (5/2/2019) tengah malam.

"Umur Kelenteng Hok Lay Kiong sudah 4 abad. Ini palingan (luas kelenteng) 800 meteran. Ini kelenteng tertua di Bekasi," sebutnya.(red/rel)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close