Fadli Zon Akan Cek Penahanan Ahmad Dhani


Arie Perdana Putra 2019-02-04 10:20:04 Nasional 78 kali

Fadli Zon bersama Ahmad Dhani

JAKARTA, Kabar28.com,- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pagi ini akan mengecek penahanan Ahmad Dhani yang dinilai janggal.

"Dalam rangka melakukan pengawasan, karena kasus Ahmad Dhani ini menurut hukum adalah sumir, terutama penahanannya. Atas dasar apa Ahmad Dhani ditahan?" kata Fadli sebelum berangkat di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (4/2/2019).

Ahmad Dhani diketahui ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur. Musisi sekaligus Juru Kampanye Nasional (Jurkamnas) timses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu divonis bersalah atas kasus ujaran kebencian.

Menurut Fadli, vonis PN Jakarta Selatan terhadap Ahmad Dhani belum inkrah. Ia menduga ada penyanderaan terhadap Ahmad Dhani.

"Keputusan di PN bukan keputusan inkrah dan menurut KUHP tidak boleh penahanan tanpa penetapan. Kami belum melihat dan kami mau tanya apa ada penetapan dari pengadilan untuk menahan Saudara Ahmad Dhani.

Karena surat yang ada hanya dari kejaksaan. Ini tidak boleh kejaksaan melakukan penahanan tanpa ada penetapan hakim. Kami mau memeriksa adakah penetapan hakim sehingga tidak ada abuse of power. Beda lho penetapan dengan putusan. Kalau tidak ada, maka yang terjadi pada Saudara Ahmad Dhani adalah penyanderaan atau penculikan," tegas Fadli.

Fadli berencana bertemu Ketua PT DKI Jakarta. Apakah tidak takut dianggap mengintervensi hukum?

"Ini dalam rangka pengawasan. Kami nggak masuk berita acara. Kami mau memeriksa saja atas dasar apa (penahanan). Kalau substansi tidak ada urusan," kata Fadli.

Dalam kunjungannya ke PT DKI Jakarta, Fadli akan ditemani anggota Komisi III DPR. Salah satu yang ikut serta adalah anggota F-Gerindra Muhammad Syafii. (red/rel)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close