Nemuku, Pupuk Jiwa Gotong Rotong Warga Kemambang


Arie Perdana Putra 2019-01-04 21:22:16 Ogan Ilir 45 kali

Tradisi Nemuku sedang berlangsung

INDRALAYA, Kabar28.com,- Setiap desa memiliki keragaman budaya dan adat yang berbeda-beda, masing-masing masih tetap melestarikan adat yang ada di desanya tersebut.

Salah satu bentuk keragaman itu adalah Nemuku. Nemuku adalah salah satu bentuk kegiatan gotong royong yang ada di Desa Ramah Kasih, Kecamatan Muara Kuang atau yang lebih khusus lagi yakni Kemambang, yaitu meliputi Desa Ramah Kasih, Sukacinta dan Sukajadi.

Menurut Aroni, Pemuka Adat Desa Ramah Kasih mengatakan, Nemuku sudah dilakukan secara turun-temurun sejak beberapa puluh tahun lalu dan hingga sekarang masih tetap terjaga.

"Dengan adanya kegiatan semacam ini sangat membantu sekali bagi anggota keluarga yang akan mengadakan hajatan persedekahan pernikahan, terutama bagi keluarga yang kurang mampu," katanya.

Lanjutnya, Nemuku dilakukan pada malam hari seminggu sebelum acara pernikahan digelar. Beberapa tahun sebelumnya Nemuku dilakukan oleh keluarga calon pengantin laki-laki saja, tetapi seiring perkembangan zaman

"Nemuku dapat dilakukan oleh siapa saja yang akan mengadakan persedekan pernikahan. Walaupun yang bersangkutan tidak memiliki anak laki-laki," ujarnya.

Sukarti, salah seorang warga yang pernah merasa terbantu dengan adanya Nemuku mengungkapkan, Nemuku bisa membiayai pernikahan anaknya dan semua biaya persedekahan yang dilakukan terasa ringan, berkat kekompakan masyarakat dalam kegotongroyongan tersebut memberikan faedah besar baginya.

"Perputaran uang setiap malam diadakannya Nemuku ini berkisar puluhan juta rupiah, dan langsung diberikan kepada masyarakat yang akan menyelenggarakan hajatan pernikahan itu, saya berharap agar Nemuku dapat tetap lestari dan selalu terciptanya semangat gotong royong semua warga desa," harapnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close