Patut Ditiru, Layaknya Pemilu SMKN 1 Intan Gelar Pilkasis


Arie Perdana Putra 2018-12-17 11:41:46 Pendidikan 162 kali

Salah satu siswa saat memasukkan kertas suara ke kotak suara

INDRALAYA, Kabar28.com,- Untuk kesekian kalinya SMK Negeri 1 Indralaya Selatan (Intan), Kabupaten Ogan Ilir (OI) melaksanakan pemilihan Ketua OSIS (Pilkasis) angkatan XI masa bakti 2018-2019 serta pembukaan Class Meeting, Senin (17/12/2018).

Kepala SMKN 1 Indralaya Selatan, Drs. Jon Hery., M. Pd mengatakan, pihaknya sengaja menggelar pilkasis layaknya sebuah Pemilihan Umum (Pemilu), hal itu dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan  mengajarkan siswa-siswi dalam berdemokrasi.

"Nantinya siswa-siswi kita ini sudah terbiasa dan mengerti tentang demokrasi, karena sudah diajarkan mulai dari sekolah, dan ini bisa dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah lain. Nantinya, kegiatan ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memberikan sosialisasi tentang pemilu di sekolah-sekolah," ujarnya.

Dirinya berharap, para siswa-siswi bisa memberikan hak pilih mereka agar memilih calon Ketua OSIS sesuai dengan hati nurani dan tak ada golput. Begitupun, dengan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif, ia berharap agar siswa-siswi bisa memilih calon yang berprestasi.

"Terimakasih kepada segenap pengurus OSIS yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini. Gunakan hak pilih sesuai hati nurani, dan semoga kita akan mendapatkan Ketua OSIS yang berprestasi, memiliki visi-misi yang baik dan bisa memajukan sekolah," katanya.

Pembina OSIS sekaligus Ketua Pelaksana Pilkasis, Retno Jamalludin, S.Pd mengatakan, dasar kegiatan pilkasis adalah sila ke 4 dari Pancasila, pasal 28 C UUD 1945, program kerja OSIS dan program kerja SMKN 1 Indralaya Selatan.

"Tujuan dari pilkasis ini ialah untuk melatih dan menyalurkan minat siswa untuk berorganisasi, meningkatkan kreativitas pengurus OSIS, membantu menjalankan program sekolah serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan," katanya.

Pantauan di lapangan, pilkasis tersebut diikuti 1045 siswa-siswi dengan 3 orang calon Ketua OSIS. Ketiga calon itu ialah Marzuki dan Feri dari jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) serta Abdi Bario Putra dari jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL).

Layaknya sebuah pemilu, sebelum resmi menjadi kandidat para calon juga mengikuti beberapa tahapan penjaringan dan serangkaian tes, malakukan debat kandidat, memiliki tim sukses dan berkampanye menggunakan Alat Peraga Kampanye (APK).

Terlihat dalam prosesi pemilihan itu juga menggunakan Tempat Pemilihan Suara (TPS), kertas suara, bilik suara, kotak suara, tinta, dan petugas pemilihan dan keamanan TPS. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close