Selama 3 Hari, Puluhan Stand UMKM Jual Produknya di PIM


Arie Perdana Putra 2018-11-29 23:00:05 Palembang 63 kali

Suasana HIPMI Sumsel Expo

PALEMBANG, Kabar28.com,- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumsel Expo resmi dimulai, Kamis (29/11/2018).
 
Puluhan stand dari pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) mendapat kesempatan gratis memasarkan produknya di Palembang Indah Mall (PIM) selama 3 hari ke depan.
 
Dalam ajang HIPMI Sumsel Expo ini, berbagai produk dari pelaku UMKM seperti kain songket, handy carft, busana muslim, baju kaos, dan sepatu serta sendal dapat dijumpai dengan harga yang cukup terjangkau.
 
Ketua BPD HIPMI Sumsel, M Akbar Alfaro mengatakan, HIPMI Sumsel Expo memberi kesempatan kepada pelaku UMKM baik yang merupakan binaan pihaknya ataupun dari masyarakat umum untuk berniaga di mall.
 
"Melalui ajang ini, diharapkan pelaku UMKM dapat meningkatkan grade alias kelas dari pengusaha pemula menjadi pengusaha besar dan luar biasa. Ada 40 stand UMKM yang ikut dalam HIMPI Sumsel Expo kali ini,” kata Akbar.
 
Menurut Akbar, pihaknya sangat konsen dengan pelaku UMKM karena UMKM merupakan roda penggerak ekonomi di Sumsel.
 
"Bahkan saat krisis ekonomi tahun 1998 lalu, benteng pertahanan perekonomian tak lain adalah UMKM. Dengan arti kata kita berhutang pada pelaku UMKM,” terang dia.
 
Sementara itu Gubernur Sumsel Herman Deru, meminta agar HIPMI juga memberi ruang kepada pelaku usaha agraria. UMKM berbasis agro pertanian perlu diperhatikan, basis perikanan juga. Dinantikan gerakan HIPMI ini agar memfasilitasi mereka itu. Apalagi yg ada di pelosok pedesaan. Didiklah mereka dengan jiwa enterprenuer.
 
"Pemerintah akan sangat terbantu jika HIPMI menyamakan persepsi dan tidak mengandalkan APBD. Kami para kepala daerah se- Sumsel baru selesai mengadakan RUPS, memberikan kemudahan bagi para pengusaha. Dalam mendapatkan kredit atau bantuan pinjaman. Jika perlu pameran di pasar tradisional jangan hanya di mall. HIPMI ini gerakan yang patut ditiru oleh organisasi lainnya," katanya.
 
Ketua Kadin Sumsel, Dodi Reza mengatakan, HIPMI Sumsel expo adalah upaya kongrit untuk para pelaku UMKM menaikkan grade mereka.
 
"Program HIPMI, pendampingan dan pembinaannya harus berkesinambungan. Ke depan, kita harus menyiapkan lapangan pekerjaan bukan mencari pekerjaan," ujarnya.
 
Ketua Pelaksana acara, Muhammad Iqbal berharap acara tersebut terus berjalan ke depannya. "Agar UMKM di Sumsel bisa menikmati pameran HIPMI selanjutnya secara merata," harapnya. (ard)
Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close