2018, Imigrasi Palembang Deportasi 8 WNA


Arie Perdana Putra 2018-11-22 19:45:31 Palembang 62 kali

Ilustrasi WNA Dideportasi

PALEMBANG, Kabar28.com,- Sepanjang 2018, Kantor Imigrasi Kelas I Palembang telah mendeportasi 8 warga negara asing (WNA) yang berasal dari China, Malaysia dan India.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Intelejen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas 1 Palembang, Raja Ulul Azmi saat sosialisasi keimigrasian, di Grand Atyasa, Kamis (22/11/2018).

"WNA yang dideportasi itu karena menyalahi izin tinggal, misalnya izin kunjungan tapi kenyataannya mereka bekerja, ada juga yang memberikan data-data palsu sehingga disidang pro justitia untuk kemudian dideportasi," katanya.

Diungkapkannya, Kantor Imigrasi Kelas 1 Palembang membawahi 6 daerah, yakni Musi Banyuasin, Banyuasin, Palembang, Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir (OI) dan Prabumulih dengan keberadaan WNA sekitar 800 orang yang meliputi Tenaga Kerja Asing (TKA), pelajar dan wisatawan.

"WNA tersebut didominasi TKA yang bekerja di perkebunan sawit, karet dan pertambangan, dan selalu kita awasi secara rutin dan berkala," ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional Badan Kesbangpol Sumsel, Herdi Effriyan menambahkan, pihaknya bersama Imigrasi, Polisi dan TNI bekerjasama untuk melakukan pengawasan terhadap WNA.

"Kesbangpol hanya melakukan pengawasan dan tidak bisa melakukan eksekutor. Untuk itu, kami berharap manajemen hotel dan perusahaan terus memberikan laporan, agar keberadaan WNA di Sumsel terus terpantau dan dapat dilaporkan ke Kemendagri," bebernya. (ant)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close