Kapolda: Sumsel Miliki Potensi Bencana


Arie Perdana Putra 2018-11-21 18:55:14 Palembang 73 kali

Kapolda Sumsel memeriksa kesiapan pasukan antisipasi bencana alam

PALEMBANG, Kabar28.com,- Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, Sumsel memiliki berbagai macam potensi bencana yang disebabkan oleh faktor alam maupun non alam dan harus diantisipasi.

Hal itu dikatakan Kapolda saat apel gelar pasukan gabungan dalam rangka antisipasi bencana alam dampak negatif musim hujan 2018 di wilayah Sumsel, di halaman Markas Polda Sumsel, Rabu (21/11/2018).

"Dalam menghadapi musim hujan saat ini kita perlu mewaspadai segala macam dampak yang mungkin timbul dari perubahan cuaca seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung dan penyebaran penyakit yang muncul," katanya.

Lanjutnya, dengan dilakukannya siaga khusus antisipasi bencana alam diharapkan personel gabungan yang didukung peralatan penanggulangan bencana seperti alat berat, perahu karet dan helikopter lebih siap mengantisipasi bencana.

“Saya minta kepada seluruh personel yang terlibat dalam apel siaga ini untuk mempersiapkan diri dan peralatan secara maksimal sehingga sewaktu-waktu siap turun ke lokasi bencana membantu masyarakat. Dengan berbagai persiapan ini juga diharapkan dapat mengurangi risiko bencana dan meringankan beban masyakat jika terjadi bencana," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Badan SAR Nasional (Basarnas) Palembang Berty DJ Kowaas mengatakan, pihaknya berupaya meningkatkan kesiapsiagaan personel dan peralatan penanggulangan bencana menghadapi musim hujan 2018. Mulai musim hujan November 2018 ini hingga beberapa bulan ke depan pihaknya berupaya meningkatkan kesiapsiagaan untuk membantu masyarakat jika terjadi bencana banjir dan tanah longsor serta bencana lainnya.

“Dalam kondisi musim hujan, seperti tahun sebelumnya berpotensi terjadi bencana banjir, tanah longsor, kecelakaan angkutan darat, laut, dan udara. Basarnas ditugaskan membantu dan melakukan evakuasi korban bencana baik yang masih hidup maupun yang meninggal dunia," bebernya. (ard)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close