Anda Mau Berhenti Merokok? Berikut Tips nya


Arie Perdana Putra 2018-11-10 10:25:42 Ogan Ilir 90 kali

Pemicuan agen perubahan P2PTM

INDRALAYA, Kabar28.com,- Puluhan warga dari Desa Kamal dan Sukamerindu, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir (OI) mengikuti pemicuan agen perubahan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Berbasis Masyarakat (P2PTMBM) yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas Talang Pangeran, di Kantor Kepala Desa Kamal, Sabtu (10/11/2018).

Dalam kesempatan itu Kepala Seksi PTM, Kesehatan Jiwa dan Napza Bidang P2P Dinas Kesehatan OI, Hj. Yanti Bahtera, S.KM., M.Kes mengatakan, puluhan warga tersebut sengaja dikumpulkan untuk dilatih menjadi agent perubahan dalam mensosialisasikan pencegahan penyakit tidak menular.

"Nantinya, para agent inilah yang bertugas untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat atau keluarga lainnya, dalam hal pencegahan penyakit tidak menular. Dengan adanya agent-agent ini kita berharap, tingkat kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit tidak menular itu semakin tinggi," katanya.

Diungkapkannya, ada 3 faktor utama penyebab penyakit tidak menular di masyarakat, yakni karena asap rokok, kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga, serta pola makan yang tidak teratur dan kurang bergizi.

"Namun, hal itu masih kurang disadari oleh masyarakat. Untuk itulah, kita dari Dinas Kesehatan tak henti-hentinya memberikan sosialisasi kepada masyarakat," ungkapnya.

Saat ini, sambungnya, untuk menekan banyaknya pengguna rokok, Kabupaten Ogan Ilir sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) nomor 3 tahun 2015, tentang kawasan bebas asap rokok. Namun, implementasi Perda tersebut masih kurang maksimal.

"Dalam Perda itu ada beberapa kawasan bebas asap rokok di Ogan Ilir, yakni di tempat-tempat kesehatan seperti Rumah Sakit dan Puskesmas, di lingkungan sekolah, di tempat ibadah, serta tempat-tempat umum seperti hotel dan bandara," bebernya. (app)

Bagi para perokok, berikut tips-tips untuk berhenti merokok: 

1. Niat

2. Kurangi jumlah

3. Kenali waktu

4. Olahraga

5. Dukungan keluarga

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close