Wajib Diketahui! Ini Dia Faktor Penyebab Penyakit Tidak Menular di Masyarakat


Arie Perdana Putra 2018-11-03 11:15:19 Ogan Ilir 66 kali

INDRALAYA, Kabar28.com,- Puluhan warga (agent) dari Desa Sukananti Baru dan Lebung Bandung, ikuti evaluasi hasil pemicuan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Bagi Masyarakat (P2PTMBM) di Puskesmas Lebung Bandung, Kecamatan Rantau Alai, Ogan Ilir (OI), Sabtu (3/11/2018).

Dalam kesempatan itu, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan OI, Hj. Yanti Bahtera, S.KM., M.Kes menjelaskan, ada 3 faktor penyebab penyakit tak menular yang terjadi di masyarakat.

"Tiga faktor itu ialah karena merokok, pola makan yang tak teratur dan tak bergizi serta kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga," jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan, masyarakat juga harus mengetahui berapa kadar gula, garam dan lemak yang harus dikonsumsi setiap orang per hari. "Setiap hari, per orang semestinya hanya mengkonsumsi 4 sendok gula, 2 sendok minyak goreng dan 1 sendok garam," tuturnya.

Dalam kegiatan evaluasi itu, Boy, salah agent mengungkapkan, setelah 3 bulan lalu dirinya mengikuti pemicuan pencegahan penyakit tidak menular dirinya sudah mengurangi konsumsi rokok.

"Kalau dulu per hari saya menghabiskan 2 bungkus rokok, sekarang sudah berkurang menjadi 1 bungkus. Itu saya lakukan karena saya takut dengan penyakit akibat rokok. Alhamdulillah, sejak mengurangi konsumsi rokok kondisi tubuh dan pernafasan saya semakin sehat," ujarnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close