Pemkab Muba Gagal Usulkan ABT


Arie Perdana Putra 2018-10-24 14:00:58 Musi Banyuasin 271 kali

Ilustrasi

SEKAYU, Kabar28.com,- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) diduga satu-satunya daerah di Sumatera Selatan yang gagal Usulkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan atau Anggaran Biaya Tambahan (ABT) 2018.

Hal ini disinyalir keterlambatan dalam pengajuan yang dilakukan Pemkab Muba melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), sehingga tidak bisa dilakukan kesepakatan bersama antara DPRD dan Pemkab Muba sebelum akhir September 2018 lalu.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Muba Ahmadi Dausat, sangat menyayangkan tidak adanya APBD Perubahan, menurutnya hal itu akan merugikan Pemkab Muba sendiri.

“Sangat merugikan terutama untuk anggaran yang tidak bisa dianggarkan sepenuhnya pada APBD Induk seperti honorer Bidan PTT, karena tidak bisa diajukan pada APBD induk atau melalui Perbup,” ujarnya, kemarin.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk tenaga honor yang lain dirasa aman karena sudah dianggarkan 12 bulan pada APBD induk.

Kendala utama ada pada Pemkab Muba melalui Bappeda yang tidak mengajukan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) pada APBD Perubahan 2018 ini.

“DPRD sendiri sudah melayangkan surat dari bulan Mei untuk segera mengajukan dan dilakukan pembahasan. Namun hingga akhir September tidak dilakukan pembahasan dan kesepakatan bersama jadi dianggap tidak mengajukan usulan APBD Perubahan sesuai dengan Permendagri nomor 33 tahun 2017 tentang Pedoman penyelesaian APBD,” jelasnya.

Terpisah, ditanya anggaran sekitar Rp. 28 miliar untuk pihak ke-3 pekerjaan yang telah selesai yang masuk dalam ABT namun gagal diusul, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Muba Mirwan Susanto mengatakan Pemkab Muba akan tetap melakukan pembayaran.

“Karena hal itu sifatnya mendesak, tetap akan dilakukan pembayaran yang mekanismenya melalui Perbup,” ujarnya.

sumber: swarnanews.co

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close