Atasi Sakit Tenggorokan dengan Air Garam


2017-01-09 16:58:03 Tips 358 kali

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Jakarta, Kabar28.com - Umumnya sakit tenggorokan terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Penyakit ini kerap disertai dengan beberapa gejala mulai, sakit saat menelan, sakit kepala, pembesaran kelenjar leher, hingga batuk.

Namun, tak perlu khawatir, sakit tenggorokan bisa diatasi dengan resep rumahan yakni, berkumur air garam. Cara ini dipercaya bisa mengatasi nyeri dan gatal pada tenggorokan hingga kuman di tenggorokan akan hilang.

Dilansir WebMd, Divisi Penyakit Menular di New York Hospital Queen, Sorana Segal-Maurer mengatakan cara mengatasinya cukup berkumur air garam hangat tepat di tenggorokan dalam, jadi bukan di mulut. Sementara untuk takarannya, satu sendok teh garam dilarutkan di gelas berisi 8 ons air hangat. Untuk anak-anak, tambahkan sedikit madu untuk mencegah rasa tidak enak.

"Berkumur dengan larutan garam itu akan menciptakan penahan tinggi garam dan juga menarik lebih banyak cairan dari jaringan di sekitar tenggorokan sehingga virus akan terbawa hanyut," kata Maurer.

Garam akan bekerja seperti magnet bagi air. Hadirnya garam dan air juga akan mencegah dehidrasi hingga mengurangi sakit gigi.

Sumber : Sindonews.com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close