Diterjang Banjir 2 Meter, 1.000 Orang di Aceh Utara Mengungsi


Arie Perdana Putra 2018-10-18 11:00:55 Nasional 42 kali

Warga menyeberang dengan rakit di Desa Leubok Pirak, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara

ACEH UTARA, Kabar28.com,- Seribuan orang dilaporkan mengungsi akibat banjir yang merendam permukiman di Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara.

Data yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara, warga mulai mengungsi sejak Rabu (17/10/2018) sore hingga hari ini, Kamis (18/10/2018). Sebab, ketianggian banjir di sejumlah permukiman mencapai 1,5 meter hingga 2 meter.

“Seribuan orang itu dari Kecamatan Matangkuli. Itu daerah terparah banjir saat ini,” kata Kepala BPBD Aceh Utara Munawar.

Dia menyebutkan, timnya berada di lokasi banjir untuk membantu evakuasi masyarakat ke titik pengungsian. Banjir juga merendam Kecamatan Tanah Luas, Pirak Timu dan Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Sementara itu, Camat Matangkuli, Zulkifli mengatakan, terdapat empat titik pengungsian di wilayahnya, yaitu di Masjid Desa Hagu, gedung Serbaguna Desa Lawang, gedung Serbaguna Desa Tanjong Haji Muda, dan surau Desa Siren.

“Sementara ini baru empat titik pengungsian. Warga masih bertahan di rumah, karena khawatir terjadi pencurian dan lain sebagainya. Namun, kami imbau tetap mengungsi jika ketinggian air semakin bertambah hari ini,” kata Zulkifli.

Sebelumnya diberitakan, banjir kembali merendam Kabupaten Aceh Utara sejak kemarin akibat meluapnya Sungai Keureuto dan Sungai Peutoe.

Secara umum banjir juga merendam Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Jaya, dan Aceh Barat di Provinsi Aceh dalam sepekan terakhir ini.

sumber: kompas. com

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close