Kurang dari 1 Jam Deteksi TB Bisa Diketahui


Arie Perdana Putra 2018-10-16 10:13:36 Ogan Ilir 64 kali

Salah satu Petugas RSUD Melakukan Tes Cepat Molekuler (TCM)

INDRALAYA, Kabar28.com,- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ogan Ilir (OI) menyediakan alat pendeteksi Tuberculosis (TB), dengan alat ini pasien Suspek TB dapat diketahui kurang dari satu jam.

Alat Pendeteksi Tes Cepat Molekuler (TCM) satu-satunya di Ogan Ilir, bisa diakses oleh masyarakat dengan gratis tanpa dipungut biaya. Selain itu juga tingkat akurasi alat ini mendeteksi TB dan TB Resisten mencapai 98%.

Direktur RSUD OI, dr Roretta Arta Guna Riama mengatakan, pihaknya terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat hal ini juga sesuai dengan instruksi Bupati OI, untuk terus memberikan pelayanan prima kepada pasien dan kelurga pasien.

"Dengan pemeriksaan menggunakan alat ini, dokter bisa mendeteksi adanya infeksi TB dalam tubuh pasien. Pemeriksaan ini cenderung lebih praktis dibandingkan dengan tes sputum mikroskopik atau tes dahak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasil," katanya.

Cara kerja TCM, sambungnya, jauh lebih akurat daripada metode konvensional dengan memeriksa sputum di bawah mikroskop, karena mesin langsung meneliti dan mengurai DNA bakteri. "Saya berharap agar alat ini dapat dipergunakan dengan baik oleh warga OI," pungkasnya. (app)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close