Besok, SJD Angkatan Pertama Dimulai


Arie Perdana Putra 2018-10-12 16:49:18 Ogan Ilir 35 kali

Spanduk pembukaan SJD

INDRALAYAKabar28.com,- Sekolah Jurnalistik Desa (SJD) yang akan digelar di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Ogan Ilir, Sabtu (13/10/2018), segera dimulai dan dibuka Bupati OI Ilyas Panji Alam.

Dikatakan Keta Pelaksana SJD, Sandi Pusaka Herman, SJD yang digelar pada 13-14 Oktober 2018 ini merupakan angkatan pertama. Pertama di Kabupaten OI, pertama di Sumatera Selatan dan pertama di Indonesia yang diikuti 100 peserta, perwakilan dari desa dan kelurahan di OI.

"Selanjutnya, kami dari tim pelaksana kegiatan akan melanjutkan pada angkatan berikutnya hingga tuntas seluruh desa yang mengikuti SJD ini," katanya.

Lanjutnya, para peserta sebelum memasuki babak pelatihan jurnalistik terlebih dahulu diwajibkan mengikuti kuliah umum yang akan disampaikan oleh Sekda, Ketua DPRD, Kapolres dan Kajari OI. 

"Selama dua hari siswa akan diberi ilmu pengetahuan tentang dasar dasar jurnalistik, teknis menulis berita (5 W + 1H), praktek wawancara dan praktek membuat berita hasil wawancara. Dengan menghadirkan pemateri  dari wartawan senior yang sudah banyak berpengalaman di dunia jurnalistik dari propinsi maupun lokal baik media cetak, elektronik dan online," bebernya.

Sambungnya, tujuan SJD antara lain memberikan pemahaman kepada generasi muda, tentang pentingnya sosial kontrol terhadap lingkungan sekitar terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak di setiap desa melalui jalur jurnalistik.

"SJD juga untuk meningkatkan wawasan pemuda desa dengan membekali kesadaran menjalankan kaedah kode etik jurnalistik, guna memperkuat idealisme dan integritas dalam mengemban tugas sebagai wartawan profesional," pungkasnya. (nik)

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close