Pembangunan Jalur Kereta Api Medan-Aceh Tembus Aceh Tamiang


Arie Perdana Putra 2018-10-08 19:46:11 Nasional 47 kali

Anak-anak melintas di rel kereta api kawasan Desa Geulumpang Sulu Barat, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara

KUALA SIMPANG, Kabar28.com - Proyek pembangunan jalur kereta api Medan-Aceh yang terus dikebut pemerintah sudah mulai masuk wilayah Aceh Tamiang, NAD.

Dari desain yang dirancang Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumbagut, rel terusan dari Besitang, Sumatera Utara ini akan melewati 4 desa di Kecamatan Kejuruanmuda, Aceh Tamiang, NAD.

"Saat ini kami sedang melakukan sosialisasi rencana pembangunan jalur kereta api dengan masyarakat, karena akan ada lahan warga yang akan dibebaskan untuk proyek ini," kata Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Aceh Tamiang, Sepriyanto, Senin (8/10/2018).

Sosialisasi ini dilangsungkan di Kantor Camat Kejuruanmuda dengan dihadiri seluruh warga yang lahannya akan diberi ganti rugi.

Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumbagut yang diwakili Maulizan, mengatakan proyek ini ditargetkan selesai 2020.

Sebagai tahap awal, rel kereta api yang dibangun melayani rute Sungailiput-Besitang. Stasiun Besitang sendiri terhubung ke Binjai dan Medan, Sumut.

"Ini bagian dari program trans Sumatera. Ke depannya kereta api Aceh akan tersambung hingga Lampung," kata Maulizan.

Diketahui, proyek pembangunan rel kereta api trans Sumatera ini merupakan program yang dicanangkan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono melalui program Masterpan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI).

sumber: serambinews

Bagikan Berita/Artikel ini :

Berita Terkait


Berita Terbaru


close